in Tips Dunia Kerja

Dimana Mengiklankan Lowongan Kerja yang Efektif?  

JobSmart Indonesia

Ada berbagai cara yang dilakukan oleh rekruter untuk menemukan karyawan yang tepat. Salah satunya adalah dengan mengiklankan lowongan kerja. Mengiklankan lowongan pekerjaan merupakan salah satu aktivitas penting dalam proses rekrutmen. Sebab kandidat akan mengetahui informasi lowongan kerja tersebut dari iklan yang dipasang oleh perusahaan. Media atau tempat untuk memasang iklan tersebutlah yang menjadi penting karena jika diiklankan di tempat yang baik maka akan meningkatkan peluang perusahaan untuk menemukan kandidat yang tepat.

Berikut, tempat yang baik untuk mengiklankan lowongan pekerjaan:

1. Situs pencari kerja

Banyak situs pencari kerja yang sekarang menjadi tempat rekruter untuk menemukan kandidat. Hadirnya situs pencari kerja tersebut bukan hanya akan mempermudah rekruter, tapi juga calon karyawan. Informasi lowongan kerja dapat dicari dengan mudah, terutama jika target dari karyawan yang dicari adalah generasi y,z hingga millennial, dimana generasi ini sudah terbiasa dengan hadirnya teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Proses melamar pada situs pencari kerja juga sangat mudah, hanya dengan sekali klik, seseorang sudah dapat mengirimkan lamarannya. Kemudahan itulah yang membuat banyak orang memilih untuk mencari pekerjaan di situs pencari kerja. Banyaknya pencari kerja yang ada disitus tersebut tentu akan memperbesar peluang perusahaan untuk menemukan kandidat yang tepat.

2. Website perusahaan

Menaruh informasi lowongan kerjaan pada halaman karir di website perusahaan juga merupakan cara yang sering dilakukan oleh rekruter untuk mencari karyawannya. Selain lebih hemat biaya, cara ini juga efektif jika mencari ingin mencari karyawan yang benar-benar berminat dan tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Mengiklankan lowongan kerja di website perusahaan juga akan membuat pencari kerja melihat-lihat website perusahaanmu dan itu bisa digunakan untuk memperlihatkan keunggulan dari perusahaan. Keuntungan dari membuka lowongan pekerjaan di website sendiri adalah dapat menemukan kandidat yang berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Para pencari kerja cenderung lebih yakin dan memiliki minat yang tinggi untu bekerja di perusahaan tersebut karena mereka telah berusaha untuk mencari informasi lowongan kerja di website perusahaan tersebut.

3. Media sosial

Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk aktif di sosial media. Manfaatkan hal itu untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan. Namun, rekruter harus sangat selektif memilih sosial media mana yang ingin digunakan. Tidak semua sosial media cocok untuk ditaruh iklan lowongan pekerjaan. Contohnya, jangan memasang lowongan pekerjaan di facebook, ataupun Instagram. Sebaiknya manfaatnya linkedin sebagai sosial media yang digunakan oleh para profesional untuk saling berinteraksi. Selain itu, dengan linkedin rekruter juga dapat melihat pengalaman kerja dari seseorang dan juga review daripada rekan kerjanya.

Memberikan informasi lowongan kerja, tidak hanya soal seberapa sering hal itu diiklankan, tetapi bagaimana para pencari kerja dapat dengan mudah menemukan iklan tersebut. Pastinya semakin banyak kandidat yang melamar, pilhan dan peluang perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang bagus akan semakin besar.

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda Lowongan Kerja Palsu

Related Posts