in Tips Dunia Kerja

Bukan Karena Pekerjaan, Ini Penyebab Kamu Sering Merasa Lelah Dikantor

JobSmart Indonesia

Apakah akhir-akhir ini kamu menjadi malas untuk datang ke kantor? Atau sering merasa lelah dengan pekerjaan? Well, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Berikut hal-hal apa saja yang dapat membuatmu cepat merasa lelah dikantor:

1. Konsumsi air yang kurang

Tubuh manusia terdiri dari cairan, cairan tubuh yang berkurang akan membuat sesorang menjadi lemas dan tidak bersemangat. Terutama bagi pekerja, walaupun pekerjaannya tidak membuat seseorang itu berkeringat, tapi cairan dalam tubuh seseorang juga bisa berkurang walaupun orang itu tidak berkeringat. Salah satu ciri orang yang kurang minum air putih adalah sulit untuk fokus dan mudah lelah. Bahkan sebelum orang itu merasa kehausan, gejala seperti itu sudah dialami.

2. Mencemaskan banyak hal

Mencemaskan banyak hal dapat membuatmu merasa lelah. Padahal cemas itu tidak akan mengubah sesuatu. Kadangkala hal yang masih belum pasti terjadilah yang dicemaskan, padahal dibandingkan cemas terhadap sesuatu yang belum pasti lebih baik mempersiapkan diri agar resiko kegagalan dapat diminimalisir. Selain tidak ada gunanya untuk mencemaskan sesuatu, cemas yang berlebihan juga dapat membuatmu menjadi mudah lelah. Hal itu dikarenakan otakmu sudah terkuras oleh pikiran-pikiran yang belum pasti terjadi.

3. Kondisi lingkungan sekitar

Lingkungan sekitarmu akan sangat mempengaruhi kondisi mentalmu saat bekerja. Terutama jika hal-hal negatif banyak datang dari rekan kerjamu, tentu akan sangat berpengaruh. Aura negatif akan lebih mudah menyebar dibandingkan dengan sesuatu yang positif. Maka dari itu, perhatikan lagi lingkungan sekitarmu, apakah dipenuhi aura yang positif atau negatif. Cari dan ciptakan kegiatan yang akan membuatmu menjadi positif dan lebih semangat lagi untuk bekerja.

4. Meja kerja yang berantakan

Disadari atau tidak, kondisi meja kerja yang berantakan dapat mempengaruhi mood kamu untuk bekerja. Bahkan, sudah ada perasaan lelah ketika pagi hari datang ke meja dan melihat meja yang berantakan. Kemudian hal itu dapat menyebabkan kamu menjadi tidak semangat untuk pergi bekerja. Walaupun kamu belum membereskan meja kerjamu, tapi kamu sudah merasa lelah ketika harus memikirkan akan membereskannya. Maka dari itu, usahakan agar kamu selalu meletakan sesuatu pada tempatnya hingga mejamu akan selalu rapi. Sesuatu yang terlihat rapi dan bersih akan memberikanmu semangat serta fokus yang baik untuk bekerja.

5. Olahraga yang cukup

Selain kondisi fisik yang akan selalu bugar, olahraga yang dilakukan secara rutin akan berpengaruh pada produktivitasmu lho. Jika kamu tidak pernah berolahraga secara rutin, maka daya tahan tubuhmu akan berkurang, dan ketika stress melanda maka akan mudah terkena penyakit. Tidak hanya itu, kondisi tubuh yang kurang bugar akan membuatmu mudah sekali lelah. Namun, berolahraga yang terlalu berlebihan juga tidak baik. Hal itu akan membuatmu kehabisan energi dan mudah juga untuk lelah. Maka dari itu, berolahragalah secara rutin minimal tiga kali seminggu agar kondisi tubuhmu tetap terjaga. Sebab didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

6. Waktu tidur yang tidak baik

Kebanyakan begadang atau tidur terlalu larut bukanlah hal yang baik bagi seorang karyawan. Apalagi jika karyawan tersebut memiliki jam kerja dari pukul 8-5. Tidur dengan waktu yang cukup adalah sebuah keharusan. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil dan tidak jarang menjadi mudah stress. Maka dari itu, atur waktu tidurmu dengan baik dan usahakan untuk mencapai waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Tidur malam yang cukup dan juga waktu istirahat yang dimanfaatkan dengan baik akan membuat tubuhmu selalu segar, selain itu suasana hatimu juga akan menjadi baik.

7. Perkataan orang lain

Banyak sekali pepatah mengenai dampak dari sebuah perkataan. Ada yang mengatakan ucapan lebih tajam daripada pisau. Tak jarang perkataan orang yang lain yang menyakiti hati dapatmu menjadi tidak brsemangat untuk melakukan aktivitas. Dan akhirnya beban itulah yang membuat tubuh mudah lelah saat bekerja. Maka dari itu, abaikan saja perkataan orang-orang yang negatif dan penuhi pikiranmu dengan sesuatu yang positif. Dengan begitu kamu akan semakin bersemangat untuk bekerja.

Jangan jadikan pekerjaanmu sebagai penyebab utama kelelahan yang menimpa dirimu. Tapi perhatikan kondisi disekitarmu apakah kondusif dan mendukungmu untuk bekerja dengan baik. Namun yang terpenting adalah lakukanlah segala sesuatu hal dengan penuh sukacita dan semua kebaikan akan datang kepadamu.

Related Posts