in Tips Dunia Kerja

Seperti Apa Manajemen Waktu Anda?

JobSmart Indonesia

Hasil yang baik adalah tujuan dari setiap pekerjaan yang dilakukan, dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal itu dibutuhkan fokus yang tinggi. Seringkali, banyak pekerjaan yang tidak selesai karena fokusnya terbagi. Maka dari itu, sebaiknya fokuskan pekerjaan Anda pada aktivitas yang paling penting. Sebab tidak semua aktivitas yang Anda lakukan itu penting, sehingga harus bisa menentukan mana yang penting dan tidak penting. Bagaimana kamu dapat mengklasifikasikan setiap aktivitasmu itu? Penting atau tidaknya aktivitas yang kamu lakukan dilihat dari urgensinya. Baiknya, dari semua pekerjaan yang harus dikerjakan, harus bisa menentukan pekerjaan mana yang paling memiliki urgensi yang tinggi. Namun, seringnya kita melakukan hal-hal yang tidak penting sepanjang hari yang jelas hal itu tidak akan menghasilkan apa-apa.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk fokus pada apa yang menjadi prioritas dibandingkan melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Bayangkan, Anda sedang menyetir mobil, akan berbahaya jika melakukan multitasking, sebaliknya yang harus Anda lakukan adalah fokus menyetir saja dan melakukan hal lainnya setelah sampai di tujuan. Begitupun yang seharusnya dilakukan dalam bekerja, selesaikan dahulu pekerjaan yang paling penting, setelahnya baru kerjakan pekerjaan lain.

Betapa bahayanya jika seseorang yang sedang menyetir sambil menelpon atau bahkan saling berbalas pesan, tentu sangat berbahaya, bahkan dapat menimbulkan kecelakaan. Itu artinya saat mengendarai kendaraan Anda harus benar-benar fokus dan tidak melakukan hal lain seperti menelpon, berbalas pesan atau bahkan merekam video. Karena menyetir merupakan akvitias yang penting dan membutuhkan fokus yang tinggi agar dapat berjalan dengan baik.

Lalu bagaimana jika ada hal yang sama pentingnya dengan menyetir dan harus dilakukan secara bersamaan? Apa benar asalkan dapat berhati-hati tentu bisa dilakukan keduanya? Jawabannya adalah jangan pernah melakukan hal yang akan mengganggu fokus Anda pada pekerjaan. Selain akan berbahaya atau merugikan, hal itu pun akan melatih Anda untuk menentukan prioritas dalam pekerjaan dan hidup. Anda harus dapat menentukan pekerjaan mana yang menjadi prioritas Anda dan jangan berikan kesempatan untuk hal lain mengganggu konsentrasi Anda.

Seperti saat berkendara, salah satu tips agar Anda menyetir tidak sambil menelpon adalah dengan mengaktifkan mode driving atau letakan handphone yang jauh dari jangkauan Anda. Begitupun saat mengerjakan sesuatu yang penting, pastikan kamu sudah mengetahui hal-hal apa saja yang biasanya mengganggumu. Misalnya kamu seringkali terdistraksi oleh suara orang lain. Cara untuk memfokuskan diri yaitu dengan menggunakan headset atau pindah ke lokasi yang lebih sepi dan tenang. Jangan paksakan keadaan untuk sesuai dengan yang kamu inginkan, tapi ciptakanlah sendiri suasana yang nyaman.

Banyak orang yang mengatakan bahwa multitasking adalah hal yang baik untuk meningkatkan produktivitas seseorang, tapi tidak semua hal itu dapat dilakukan secara multitasking. Khususnya untuk pekerjaan yang sangat penting, sebaiklah fokuslah untuk melakukan hal itu terlebih dahulu dibandingkan mengerjakan beberapa hal sekaligus. Fokus yang terbagi tidak akan memberikan hal maksimal pada sebuah pekerjaan.

Baca juga: Apa yang Membuat Karyawan Termotivasi?

Related Posts