in Tips Dunia Kerja

Apa yang Membuat Karyawan Termotivasi?

JobSmart Indonesia

Motivasi adalah hal yang dibuthukan oleh karyawan dalam dunia kerja. Seringkali rutinitas pekerjaan membuat karyawan tersebut menjadi tidak semangat dalam bekerja. Gaji menjadi salah satu motivasi seseorang untuk tetap melakukan pekerjaan. Selain besarnya gaji, banyak hal yang turut memotivasi  seorang karyawan untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut. Berdasarkan artikel yang ditulis oleh Bernard Marr, berikut hal-hal yang dapat membuat karyawan termotivasi untuk semakin giat bekerja :

Kepercayaan

Kepercayaan yang didapatkan dari atasan atau rekan kerja juga dapat memotivasi karyawan tersebut untuk bekerja dengan baik. Sejatinya, sulit bagi seseorang untuk mendapatkan kepercayaan dari seseorang, dibutuhkan usaha yang keras dan juga perilaku yang dapat diandalkan untuk dapat dipercaya oleh orang lain.

Karyawan yang telah mendapatkan kepercayaan dari atasan atau rekan kerjanya juga dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Hal itu dikarenakan dia dapat bekerja tanpa adanya beban. Seringkali, rasa kurang percaya itu mempengaruhi pekerjaan dari orang lain.

Kritik yang membangun

Mengkritik seseorang itu bisa memberikan dua dampak, ada yang positif dan negatif. Hal itu tergantung dari bagaimana kritik itu disampaikan. Seseorang dapat menjadi sakit hati jika dikritik dengan nada yang tinggi atau bahkan kasar. Sebaliknya orang juga dapat berubah menjadi lebih baik ketika diberikan kritik yang membangun dengan cara yang halus.

Begitupun dengan karyawan, ketika melakukan pekerjaan yang belum sempurna, kritik perlu diberikan. Namun, tujuan diberikannya kritik itu adalah untuk memotivasi karyawan tersebut untuk berubah, bukan untuk semakin mematahkan semangatnya untuk bekerja lebih baik lagi.

Tantangan

Salah satu alasan mengapa karyawan bosan dengan pekerjaan yang sekarang adalah karena dia merasa tidak adanya tantangan. Seringkali tantangan yang diberikan dapat membuat karyawan menjadi terus maju. Terutama bagi karyawan yang memiliki produktivitas yang tinggi. Karyawan seperti itu, cenderung tidak akan menyukai hal-hal yang monoton dan membutuhkan sesuatu yang menantang untuk dikerjakannya.

Reward

Setelah memberikan tantangan, jangan lupa untuk memberikan reward atau penghargaan ketika karyawan tersebut berhasil menaklukan tantangan tersebut. Reward yang diberikan pun dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Penghargaan tersebut bisa berupa sesuatu yang mempunyai bentuk ataupun rasa hormat dari atasan dan rekan kerja lainnya. Terkadang, rasa hormat dan dihargai oleh orang lain sudah menjadi sesuatu yang berharga bagi karyawan tersebut.

Motivasi karyawan dalam bekerja akan mempengaruhi produktivitas dari perusahaan. Untuk itu, tetaplah membuat karyawan Anda memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja.

Baca juga: Karena Hari Ini Belum Berakhir, Ini Dia Kata Motivasi yang Bisa Membuatmu Kembali Semangat Bekerja

Related Posts