in Tips Dunia Kerja

Jangan Lakukan Hal ini Ketika Ikut JobFair

JobSmart Indonesia

Menyambangi tempat diadakan job fair memang sudah menjadi agenda dari pencari kerja. Dimana pada saat itu, pencari kerja akan dipertemukan oleh para perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Jobfair memang merupakan tempat yang baik bagi para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang diidamkannya.

Namun, ketika mengikuti jobfair masih banyak hal yang perlu diperhatikan agar proses mencari kerja bisa berjalan dengan lancar. Berikut hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak kamu lakukan ketika mengikuti jobfair.

1. Lupa melakukan riset

Sebelum memutuskan untuk mengikuti jobfair tersebut, maka sebaiknya lakukanlah riset mengenai perusahaan apa saja yang berpartisipasi dalam jobfair itu. Akibat jika kamu lupa melakukan riset terlebih dahulu adalah perusahaan yang ada di jobfair tersebut bukanlah perusahaan yang kamu ingini atau perusahaan yang cocok dengan keahlianmu. Jadi, pastikan kamu melakukan riset kecil-kecilan sebelum kamu hadir dalam jobfair tersebut, sehingga waktumu tidak akan terbuang percuma dan kesempatamu untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin besar.

2. Bawa CV terbatas

Setelah melakukan riset, kamu bisa langsung menentukan perusahaan mana saja yang ingin kamu lamar. Dan kamu pun bisa langsung menyiapkan CV sesuai dengan daftar perusahaan dair hasil riset kamu. Tapi jangan sampai CV yang kamu bawa pada saat jobfair itu terbatas, karena bisa saja ada perusahaan yang menarik perhatianmu tapi kamu tidak bisa menaruh lamaran disitu karena CV yang kamu bawa sudah disebarkan ke perusahaan lain. Sebaiknya lebihkan beberapa lembar CV dari daftar perusahaan yang sudah kamu buat. Lebih baik berjaga-jaga daripada melewatkan kesempatan emas untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Datang bergerombol

Fresh graduate biasanya datang ke jobfair dengan cara ini. Sebagai pemain baru dalam dunia pencari kerja, mereka masih bisa dibilang minim pengalaman, baik itu dalam bekerja ataupun melakukan proses rekrutmen. Biasanya para fresh graduate ini akan akan secara bersama-sama atas nama persahabatan. Tak jarang ketika ada salah satu temannya yang mengikuti interview, teman lainnya harus menunggunya selesai baru kemudian berkeliling mencari perusahaan lain. Tentunya hal itu akan membuang banyak waktu. Akan lebih baik, jika saat mencari kerja, lakukan secara sendiri-diri dan tidak bergerombol dan maksimalkan waktu saat berada disana.

4. Pakaian yang terlalu santai

Tidak jarang saat jobfair, beberapa perusahaan langsung melakukan interview. Maka dari itu, persiapkan dirimu sebaik mungkin. Jangan datang hanya dengan memakai kaos dan celana jeans, karena hal itu akan meninggalkan kesan bahwa kamu adalah orang yang kurang profesional. Gunakanlah pakaian formal seperti kemeja dan celana panjang atau rok bagi wanita. Gunakan juga riasan wajah yang secukupnya agar lebih terlihat rapi dan pastinya siap untuk bekerja.

5. Datang terlalu sore

Biasanya durasi diadakannya jobfair adalah dari pagi hingga sore, maka waktu terbaik untuk mendatanginya adalah pagi hari. Kenapa? Karena pada saat itu, peluanganmu untuk mendapatkan pekerjaan akan lebih besar dikarenakan kamu hadir sebagai pilihan pertama dan belum mempunyai banyak saingan. Berbeda jika kamu datang pada sore hari, bisa jadi perusahaan yang kamu incar sudah menemukan karyawan yang dicarinya sejak tadi pagi. Walaupun masih ada kesempatan bagimu, tapi datanglah lebih bagi dari yang lain, agar rejekimu tidak diambil orang.

Setelah berusaha mencari pekerjaan melalui jobfair, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah berserah kepada Tuhan dan pastinya selalu mengaktifkan ponselmu agar kamu tidak melewatkan panggilan telepon dari perusahaan yang ingin merekrutmu.

Semoga berhasil!

Baca juga: Kehebatan Situs Pencari Kerja Yang Mempermudah Hidupmu

Related Posts