in Tips Dunia Kerja

Jangan Jadikan Puasa Alasan Tidak Semangat Bekerja

JobSmart Indonesia

Memasuki bulan puasa, seringkali karyawan menjadi tidak semangat bekerja sehingga produktivitas menjadi turun. Perusahaan yang telah melakukan penyesuaian pada jam kerja selama bulan puasa. Hal itulah yang sering dijadikan alasan oleh karyawan yang tidak semangat kerja. Padahal, puasa tidak seharusnya dijadikan alasan untuk tidak produktif lho. Maka dari itu, ini hal-hal yang bisa kamu lakukan agar tetap semangat kerja walaupun sedang menjalankan puasa:

1. Konsumsi makanan yang bergizi saat sahur

Kunci agar tetap kuat dan semangat saat kerja adalah makanan yang kamu konsumsi saat sahur tersebut. Makan sahur adalah sumber energimu untuk beraktivitas sehingga kamu tidak akan cepat kelelahan. Tidak terlalu mengkonsumsi makanan terlalu banyak juga akan membuatmu tidak mudah ngantuk dan lapar. Rasa lapar seringkali mengganggumu sehingga menjadi tidak konsentrasi dalam bekerja. Maka dari itu, perhatikan porsi sahurmu agar tidak terlalu banyak ataupun sedikit.

2. Minum air putih yang cukup

Selain makanan, konsumsi air putih juga harus kamu perhatikan. Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh ini terdiri dari cairan, dan pada saat puasa tubuh akan kehilangan banyak cairan. Maka dari itu, jaga kondisi tubuh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Mengkonsumsi air putih atau air mineral lebih disarankan dibandingkan minuman berwarna. Air berwarna akan membuat kerja ginjal menjadi lebih keras.

3. Luangkan waktu untuk tidur siang

Saat berpuasa, seringkali badan menjadi lemas dan kurang bersemangat. Tapi hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak bekerja secara produktif. Untuk tetap produktif walaupun badan sedang lemas adalah beristirahat sejenak. Gunakan waktu istirahat yang diberikan untuk tidur siang. Kondisi badan akan lebih segar ketika sudah bangun. Dibandingkan kamu terus memaksa bekerja pada waktu istirahat, produktifitasmu akan lebih maksimal jika kamu tidur dan kembali bekerja saat sudah waktunya kembali bekerja.

4. Disiplin dalam bekerja

Agar produktivitas tidak berkurang, selesaikanlah seluruh pekerjaan yang harus dikerjakan pada hari itu. Jangan sampai kamu menunda pekerjaan, karena hal itu akan membuatmu semakin malas untuk menyelesaikannya nanti. Terutama pada bulan puasa, dimana waktu bekerja pun terjadi penyesuaian, kamu pun harus menyesuaikan jam kerjamu kembali dan mengikuti jadwal yang telah kamu buat itu. Jangan sampai, ketika sudah waktunya pulang, masih ada pekerjaan yang belum diselesaikan.

5. Olahraga ringan

Melakukan gerakan olahraga ringan juga dapat membuatmu lebih semangat bekerja dan akhirnya meningkatkan produktivitasmu. Tidak perlu melakukan olahraga yang sulit, tapi kamu bisa melakukan gerakan ringan yang bahkan bisa kamu lakukan ditempat dudukmu. Tidak hanya membuatmu lebih bersemangat, tapi juga menjaga kondisi tubuhmu agar tetap sehat.

6. Kurangi frekuensi mengobrol

Mengobrol dengan rekan kerja bukanlah hal yang salah, justru itu disarankan untuk menjaga hubungan dengan rekan kerja. Namun seringkali, kegiatan mengobrol itu menjadi tidak baik ketika yang menjadi bahan obrolan adalah hal-hal negatif tentang orang lain. Selain itu, mengobrol yang terlalu lama juga dapat membuatmu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai waktunya. Maka dari itu, kurangi frekuensimu mengobrol agar pekerjaanmu bisa diselesaikan tepat waktu dan ibadah puasamu tetap berjalan lancar.

7. Bekerja adalah ibadah

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang harus dilakukan, begitupun dengan bekerja. Terutama jika pekerjaan yang kamu lakukan adalah pekerjaan yang halal dan memiliki tujuan yang baik. Jangan menganggap pekerjaan yang dilakukan selama bulan puasa adalah beban, melainkan anggaplah itu sebagai salah satu perbuatan baik yang bisa kamu lakukan. Sehingga kamu bisa melakukan pekerjaanmu dengan penuh kegembiraan dan juga hati yang tulus dan ikhlas.

Itu tadi ketujuh hal yang bisa kamu lakukan pada bulan puasa agar tetap bersemangat kerja. Jadi, sudah gak ada alasan lagi untuk ga semangat saat puasa, kan?

Baca juga: Etika Bekerja di Perusahaan

Related Posts