in Tips Dunia Kerja

Kerja di Perusahaan Swasta atau BUMN?

JobSmart Indonesia

Ada berbagai dua jenis perusahaan yang ada di Indonesia yaitu yang dikelola oleh pemerintah (BUMN) dan yang dikelola oleh pihak swasta atau perusahaan swasta. Saat ini anggapan bahwa bekerja di perusahaan BUMN lebih mensejahterakan masih melekat di pemikiran masyarakat Indonesia. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk dapat bekerja di perusahaan pemerintah itu. Namun sebenarnya apa sih bedanya bekerja di perusahaan swasta dengan bekerja di BUMN?

1. Budaya kerja

Budaya kerja di BUMN terkenal dengan aturan yang lebih kaku daripada bekerja di perusahaan swasta. Contohnya dengan penggunaan seragam dan juga jam kerja yang kaku. Kaku yang dimaksud adalah mempunyai tingkat disiplin dan taat pada peraturan yang tinggi dan cenderung kurang fleksibel.

Berbeda dengan perusahanan swasta yang cenderung lebih fleksibel dalam aturan seperti itu. Bahkan untuk jenis perusahaan seperti start up, budaya kerjanya cenderung lebih bebas lagi. Orientasinya bukan lagi pada peraturan yang harus dijalankan, melainkan hasil dari pekerjaan yang telah dikerjakan.

2. Pengembangan karir

Perusahaan BUMN seringkali memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk meningkatkan kemampuan dirinya. Bahkan perusahaan pun tidak segan untuk membiayai pendidikan dari karyawannya tersebut. Justru semakin tinggi kemampuan yang dimiliki oleh karyawan, semakin menguntungkan juga bagi karyawan.

Sementara di perusahaan swasta, masih jarang yang bersedia membiayai pendidikan dari karyawannya sendiri. Mereka cenderung fokus pada pengembangan perusahaan dan merasa bahwa urusan pendidikan dari karyawan merupakan tanggun jawab dari karyawan itu sendiri bukan perusahaan.

3. Fasilitas

Setiap perusahaan, pasti memberikan fasilitas untuk mendukung kinerja dari karyawannya atau sebagai daya tarik untuk menarik karyawan baru. Namun fasilitas yang diberikan tentu saja berbeda sesuai dengan tingkat pekerjaan mereka. Biasanya perusahaan BUMN tidak tanggung-tanggung dalam memberikan fasilitas bagi karyawannya, mulai dari tempat tinggal hingga kendaraan dinas dapat dinikmati oleh orang yang bekerja di pemerintahan.

Sementara untuk yang bekerja di perusahaan swasta, fasilitas yang dimiliki jarang sekali seperti yang diberikan oleh BUMN. Namun bukan berarti tidak ada reward atau fasilitas yang didapatkan. Seringkali jumlahnya melebihi dari apa yang diberikan oleh perusahaan BUMN setiap tahunnya.

4. Pengembangan diri

Perusahaan yang baik, tentu tidak akan rugi untuk turut mengembangkan karyawannya. Begitu karyawan sudah semakin berkembang, maka mereka akan memberikan kontribusi pada perusahaan juga. Untuk hal pengembangan diri karyawannya, baik perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta sama-sama memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk melakukan pengembangan diri. Tergantung dari manajemen yang ada pada perusahaan itu sendiri tentunya.

5. Jaminan hari tua

Bicara tentang jaminan hari tua, bekerja di perusahaan BUMN lebih terjamin. Dengan adanya uang pension ketika karyawan tersebut sudah tidak lagi bekerja tentu akan memberikan rasa tenang bagi orang tersebut.

Berbeda dengan pegawai perusahaan swasta, yang ketika masa produktifnya sudah berakhir dan harus pensiun, tidak mendapatkan jaminan pensiun hari tua seperti yang diberikan oleh perusahaan BUMN. Namun, bukan berarti pegawai swasta yang sekarang masih bekerja tidak akan memiliki hari tua yang menyenangkan. Semuanya itu tergantung dari seberapa pandai karyawan tersebut mengatur keuangannya selama masih produktif.

6. Pendapatan

Dilihat dari segi pendapatan, baik perusahaan BUMN atau perusahaan swasta tentunya bervariasi tergantung dari bisnis apa yang dijalaninya. Umumnya pendapatan yang diterima oleh pegawai pemerintahan lebih besar daripada yang diterima oleh swasta. Hal itu dikarenakan banyaknya tunjangan yang diberikan dari perusahaan pemerintah tersebut.

Sementara untuk pegawai swasta, biasanya hanya akan menerima gaji saja dan jumlahnya pun tidak sebanyak dengan yang diterima oleh pegawai pemerintahan.

7. Gengsi

Saat ini masih banyak orang yang bekerja di perusahaan karena gengsinya. Terutama bagi generasi x,y dan z. Mencari uang bukanlah lagi fokus utama dari seseorang dalam bekerja. Walaupun gajinya tidak terlalu besar asalkan bisa bekerja diperusahaan tertentu saja, mereka akan lebih senang.

Biasanya bekerja di perusahaan pemerintah akan lebih bergengsi untuk dibanggakan oleh orang tua, sementara anak muda lebih senang jika bekerja di perusahaan start up atau perusahaan yang terkenal ataupun viral.

Bekerja di perusahaan BUMN ataupun swasta masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Jadi, kamu tidak akan merasa terbebani dengan pekerjaanmu itu, sebaliknya kamu dapat menikmati pekerjaanmu.

Baca juga : Bagaimana Cara Merekrut Generasi Z?

Related Posts