in Tips Dunia Kerja

Jangan Merasa Bersalah, Berikanlah Surat Penolakan Bagi Kandidat

JobSmart Indonesia

Penting bagi rekruter untuk memberitahu kandidat bahwa dirinya tidak diterima bekerja di perusahaan itu. Walaupun terasa berat dan bersalah karena telah mematahkan harapan orang lain, namun hal itu lebih baik daripada tidak memberikan kabar apapun pada kandidat. Dengan mengetahui dirinya ditolak bekerja, kandidat bisa dengan cepat mengambil keputusan untuk move on dan mencoba kesempatan lain, dibanding dia masih harus menunggu keputusan dari perusahaan. Berikut hal yang bisa Anda tuliskan dalam surat penolakan :

Berikan apresiasi karena telah mencoba

Berikan ucapan terima kasih kepada kandidat karena telah berpartisipasi dalam proses rekrutmen. Bagaimana pun juga mereka telah berkorban, baik dari segi biaya dan juga waktu untuk mengikuti rekrutmen tersebut.

Walaupun saat itu belum diterima, masih ada kemungkinan bagi kandidat yang telah ditolak untuk mencoba lagi dikemudian hari. Dan bukan tidak mungkin juga dikemudian hari, kandidat tersebut akan diterima. Maka dari itu, dengan memberikan apresiasi atas partisipasi kandidat, hal itu tidak akan memupuskan harapan dari kandidat. Sebaliknya, hal itu akan menambahkan semangat kandidat untuk mencari kerja di tempat lain ataupun mencoba lagi di perusahaan di lain waktu.

Tidak perlu merasa tidak enak

Setiap kandidat yang mengikuti proses rekrutmen pasti berharap agar bisa diterima bekerja di perusahaan itu. Kandidat pun tahu dengan pasti kalau hanya ada dua jawaban dalam rekrutmen. Pertama adalah diterima dan yang kedua adalah ditolak. Kandidat pun akan mengerti jika tidak dihubungi dalam waktu lama berarti perusahaan tidak bisa menerima kandidat tersebut. Namun hal itu bukanlah hal yang baik. Karena itu sama saja membiarkan kandidat menunggu dalam ketidakpastian. Maka dari itu, sebagai rekruter Anda tidak perlu merasa tidak enak karena menolak kandidat.

Kirimkan dari email perusahaan

Kirimkan email pada kandidat yang tidak diterima bekerja menggunakan email perusahaan. Dengan begitu, perusahaan akan terlihat profesional dan baik. Kenapa bisa terkesan baik? Padahal dia memberikan kabar buruk bagi kandidat. Tapi hal itu masih tetap baik daripada meninggalkan kandidat dalam kebingungan karena ketidakpastian.

Email perusahaan pun terlihat resmi dan profesional sehingga hal itu bisa meningkatkan citra dan reputasi dari perusahaan. Kandidat akan mendapat kesan bahwa perusahaan tersebut bertanggung jawab. Selain itu, komunikasi melalui email perusahaan juga dapat mengurangi resiko terjadinya hoax ataupun penipuan.

Maka dari itu, tidak perlu merasa tidak enak lagi pada kandidat yang tidak diterima. Jangan buat kandidat menunggu dan segera beritahukan mereka tentang keputusan itu.

Baca juga : Pentingnya Memberikan Kesan yang Baik Pada Kandidat

Related Posts