in Tips Dunia Kerja

Pentingnya Memberikan Kesan yang Baik Pada Kandidat

JobSmart Indonesia

Ada berbagai macam cara untuk menunjukan profesionalitas perusahaan, dan yang paling mudah dapat dilihat dari perilaku karyawannya. Selain aset berharga bagi perusahaan, karyawan juga menjadi representasi dari perusahaan itu sendiri. Baik buruknya perusahaan dapat dilihat dari kinerja karyawannya. Terutama bagi karyawan baru, rekruter berperan penting dalam membentuk kesan pertama pada kandidat terhadap perusahaan tersebut.

Bagaimana caranya?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh rekruter untuk membangun kesan pertama yang baik terhadap kandidat. Terutama pada saat proses wawancara, dimana pada saat itu rekruter dan kandidat dapat berbicara secara langsung.

1. Berikan sambutan yang hangat

Tunjukan bahwa sebagai rekruter, Anda senang bertemu dengan kandidat tersebut. Senyuman akan ramah dan juga sapaan yang hangat akan membuat kandidat merasa dihargai dan ingin bekerja bersama Anda.  Buatlah kandidat merasa bahwa Anda membutuhkan kandidat sehingga mereka tidak hanya akan merasa penting tapi juga merasa inilah adalah tempat kerja yang tepat untuknya.

2. Ajukan pertanyaan yang cerdas

Seringkali pada saat interview pertanyaan yang diajukan cenderung sama dengan perusahaan lain. Pertanyaan yang cerdas bukanlah pertanyaan yang sulit, melainkan pertanyaan yang dapat menunjukan sesuatu dari kandidat yang ingin diketahui oleh rekruter. Hindari juga pertanyaan yang sudah banyak diajukan oleh perusahaan lain juga, sehingga kandidat sudah dapat mempersiapkan jawaban atas pertanyaan itu dan hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan.  Jika melalui pertanyaan tersebut, rekruter dapat mengetahui kepribadian kandidat, maka itu termasuk pertanyaan yang cerdas.

3. Ceritakan proyek yang sedang dikerjakan

Memberitahukan proyek yang saat ini sedang digarap oleh perusahaan juga dapat membangun kesan pertama yang baik bagi kandidat. Dengan begitu, kandidat akan berpikir bahwa perusahaan ini mempunyai prospek masa depan yang bagus bagi karirnya. Tidak hanya itu, kandidat juga semakin tidak sabar untuk bekerja di perusahaan tersebut.

4. Ceritakan pengalaman bekerja di perusahaan

Anda juga dapat menceritakan pengalaman pribadi Anda bekerja di perusahaan tersebut. Salah satu faktor seseorang memutuskan untuk bekerja disatu perusahaan bukan karena pekerjaannya saja, namun lingkungan dari perusahaan tersebut. Lingkungan dan budaya kerja masih  menjadi daya tarik utama bagi pencari kerja, khususnya yang masih termasuk fresh graduate.

5. Beritahu keuntungan bekerja di perusahaan itu

Cara terakhir untuk menarik minat kandidat bekerja di perusahaan itu adalah dengan memberitahu keuntungan apa saja yang akan didapatkan jika ia bekerja disitu. Misalnya kandidat bisa mendapatkan fasiltias gym, atau mungkin adanya reward setiap menyelesaikan proyek tertentu. Kandidat akan merasa tertantang dan pastinya ingin segera mencoba menikmati keuntungan yang dberikan oleh perusahaan tersebut.

Manfaatkan momen wawancara sebagai proses untuk menciptakan kesan pertama bagi kandidat. Kesan pertama adalah hal yang sulit dilupakan oleh orang lain. Maka dari itu, ciptakanlah kesan yang baik dan juga professional tentang perusahaanmu.

Baca juga : Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Lakukan 5 Hal Ini

Related Posts