in Tips Dunia Kerja

Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Lakukan 5 Hal Ini

JobSmart Indonesia

Bagi seorang fresh graduate, melamar pekerjaan untuk pertama kalinya memang mempunyai tantangan tersendiri. Hal itu dikarenakan banyak perusahaan yang melihat kandidat dari pengalaman kerja yang dimilikinya. Sementara fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Namun bukan berarti fresh graduate tidak bisa bersaing dengan para professional yang sudah memiliki pengalaman. Jadi, ikutin tips ini agar sebagai fresh graduate kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

1. Lamar pekerjaan yang sesuai

Cari dan pilihlah lamaran pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang baru dimiliki. Untuk menaiki level yang tinggi memang nampaknya sulit untuk para freshgraduate. Namun ada juga beberapa perusahaan yang memiliki development program, dimana melalui program tersebut nantinya para fresh graduate itu akan mendapatkan pelatihan untuk menjadi pemimpin di perusahaan tersebut. Jadi carilah pekerjaan yang memang sesuai dengan kriteria yang diperlukan.

2. Manfaatkan jaringan yang dimiliki

Mempunyai orang tua atau kenalan yang bekerja di perusahaan yang kamu incar juga merupakan suatu keuntungan bagimu. Kamu bisa meminta mereka untuk merekomendasikanmu kepada HRD. Eits, bukan berarti kamu mendapatkan pekerjaan karena bantuan orang lain ya, tapi kamu juga harus menunjukan kemampuanmu dan buktikan kalau kamu memang cocok bekerja di perusahaan itu karena keahlian yang kamu miliki.

3. Lakukan apa yang menjadi passion

Jangan takut kalau kamu tidak bisa mendapat pekerjaan. Sekarang banyak fresh graduate yang justru membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Yup, dengan membuka usaha sendiri dan pastinya sesuai dengan apa yang menjadi passionnya. Apalagi saat ini banyak profesi baru yang bermunculan dikarenakan perkembangan teknologi, seperti youtuber, selebgram. Serta banyak juga profesi baru yang belum ada sebelumnya seperti creative writer, atau growth hacker. Dimana semua profesi itu ada karena passion yang dimiliki oleh orang tersebut.

4. Memiliki pengalaman berorganisasi yang banyak

Mempunyai pengalaman berorganisasi juga dapat membantumu mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. Kenapa? Karena hal itu menunjukan kamu dapat memiliki team work yang baik. Selain itu, kamu terlihat aktif dan juga memiliki pengalaman berada dalam suatu organisasi. Berbeda dengan yang sebelumnya tidak mempunyai pengalaman organisasi, tentu masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan struktur yang ada dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

5. Rajin mencari dan mencoba

Segudang kemudahan yang dihadirkan karena bantuan teknologi membuat karakter dari fresh graduate generasi saat ini menjadi malas dan ingin gampang saja. Well, dalam mencari pekerjaan memang mudah, tapi masih tetap membutuhkan usaha. Memang sih, kamu tidak perlu lagi repot untuk pergi ke berbagai perusahaan untuk menaruh lamaran, cukup dengan mengklik tombol disitus pencari kerja, lamaranmu sudah bisa dilihat. Maka dari itu, manfaatkan kemudahan tersebut untuk semakin giat mencari dan mencoba untuk melamar di perusahaan yang kamu incar. Jangan hanya menunggu, tapi berusahalah.

Mencari pekerjaan bagi fresh graduate tidaklah sulit, asalkan ada kemauan dan kemampuan, maka tidak perlu takut bersaing dengan kandidat lain yang memiliki segudang pengalaman kerja. Tunjukan kalau sebagai fresh graduate, kamu dapat mencapai kesuksesan.

Baca juga : Panduan Memanfaatkan LinkedIn Untuk Fresh Graduates

Related Posts