in Tips Dunia Kerja

Manfaat Menyaring Kandidat Secara Online

JobSmart Indonesia

Segala aktivitas dalam hidup kita sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Bahkan untuk membuat makanan saja sudah bisa dilakukan secara online. Begitupun dalam proses rekrutmen, sudah ada beragam situs yang dapat membantu HRD untuk melakukan proses tersebut secara online seperti situs pencari kerja yang dapat langsung mempertemukan kandidat dengan HRD. Namun, hanya sampai disitu saja, terkadang HRD masih harus melakukan proses penyaringan yang cukup rumit dan membutuhkan tenaga, waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Salah satu proses yang cukup melelahkan dalam rekrutmen adalah menyeleksi kandidat yang melamar untuk kemudian dipilih untuk direkrut. Tidak jarang dalam sebuah lowongan kerja yang dipasang di situs pencarian kerja, ada ratusan hingga ribuan orang yang melamar untuk sebuah posisi saja. Hal itulah yang membuat HRD harus bekerja keras menemukan satu dari ribuan kandidat yang melamar.

Maka dari itu munculah berbagai macam cara peyaringan, mulai dari psikotest hingga wawancara yang selama ini dilakukan secara manual. Kabar baiknya, sekarang sudah ada sistem yang dapat menyeleksi ratusan bahkan ribuan dalam hitungan detik saja. Seperti yang disediakan oleh JobSmart,

Sistem ini akan dengan mudah menyaring kandidat yang melamar pada lowongan yang telah dibuka oleh HRD. Sehingga HRD tidak perlu lagi lembur kerja untuk menyaring banyaknya kandidat. Waktu tercepat menyaring CV kandidat adalah sekitar 3 detik per CV. Dan jika CV nya berjumlah ribuan, tentu sudah bisa dihitung berapa banyak waktu yang dihabiskan.

Berikut keuntungan apa saja yang didapatkan oleh HRD ketika menyaring kandidat secara online:

1. Bisa mengerjakan pekerjaan lain

Tugas dari HRD bukan hanya merekrut kandidat saja, namun juga masih banyak tugas lain yang harus dilakukan. Namun rekrutmen seringkali menghabiskan waktu paling lama. Waktu yang dibutuhkan untuk menyaring kandidat secara online sangat singkat, namun hasilnya tidak perlu diragukan lagi. Proses menyaring kandidat yang cepat tentunya akan membuat HRD dapat mengerjakan pekerjaannya yang lain. Kerjaan yang selesai tepat waktu bukan hanya akan membuat atasan menjadi senang, tapi baik juga untuk kehidupan pribadimu.

2. Peluang mendapat kandidat terbaik lebih besar

Semakin cepat proses rekrutmen dapat dilakukan, maka semakin besar juga peluangnya untuk mendapatkan kandidat yang terbaik. Biasanya pencari kerja tidak hanya melamar pada satu perusahaan saja, melainkan pada perusahaan lain juga. Jangan sampai ketika kandidat yang Anda incar justru memilih perusahaan lain, karena proses rekrutmen yang lebih cepat dan memberi kepastian yang lebih jelas.

Kandidat cenderung memilih perusahaan yang lebih memberikan kepastian akan statusnya, seperti apakah dia diterima atau belum ditolak. Kandidat juga mengerti proses rekrutmen membutuhkan waktu yang tidak sebentar namun kandidat juga membutuhkan kepastian dari statusnya saat melamar di perusahaan. Jika ada yang menerimanya terlebih dahulu, kemungkinan besar dia akan menerima pekerjaan itu karena sudah pasti.

3. Produktivitas meningkat

Menyaring kandidat secara online jelas akan meningkatkan produktivitas. Karena masih banyak waktu yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan yang lain. Selain itu, karena proses rekrutmen yang lebih cepat dan berhasil mendapatkan kandidat yang terbaik tentu saja akan membawa keuntungan bagi perusahaan. Perusahaan yang merasa senang dan diuntungkan dengan kinerja dari HRD dan pastinya hal itu akan berpengaruh bagi karir HRD itu sendiri.

Sudah siap untuk merasakan manfaat dari menyaring kandidat secara online? Segera daftarkan perusahaan Anda di JobSmart.

Baca juga : Suka Online di Internet? Ini Pekerjaan Yang Cocok Untukmu

Related Posts