in Tips Dunia Kerja

Wanita yang Sukses Berkarir di Bidang yang Didominasi Oleh Pria

JobSmart Indonesia

8 Maret 2017 diperingati sebagai Hari Wanita Internasional, dimana seluruh warga dunia memperingati peran wanita dalam kehidupan. Seringkali wanita menjadi korban diskiriminasi dalam pekerjaan. Banyak stereotip yang berkembang di masyarakat seperti wanita tidak cocok bekerja atau wanita kerjanya harus mengurus keluarga. Hal itulah yang kemudian membuat kaum wanita tidak dapat sepenuhnya mencapai karir tertinggi. Padahal dalam berkarir, gender bukanlah menjadi penentu dan juga penghalang. Karir dapat dimiliki oleh siapa saja yang sungguh-sungguh mencintai pekerjaannya.

Berikut beberapa wanita hebat yang tidak hanya memiliki karir yang cemerlang di beberapa bidang yang mayoritas digeluti oleh kaum pria.

1. Megawati Soekarnoputri (Mantan Presiden, Politikus)

Politik bukanlah tempat yang mudah bagi seorang wanita untuk berkarir. Dikelilingi oleh kaum pria yang seringkali dinilai pantas untuk menjadi pemimpin membuat wanita disana menjadi sulit untuk memiliki karir yang baik, namun itu tidak berlaku bagi Megawati. Anak kandung dari Ir. Soekarno ini juga memiliki karir politik yang cukup bagus

Keberhasilannya menjadi Presiden wanita pertama di Indonesia mampu membuktikan kepada seluruh dunia bahwa wanita pun dapat memimpin sebuah negara. Karirnya dimulai sejak muda dengan menjadi kader dalam partai politik PDI dan kemudian menjadi anggota dari DPR dan juga MPR hingga akhirnya tahun 2010 berhasil menjadi Presiden Wanita pertama di Indonesia menggantikan Presiden saat itu yaitu Abdurahman Wahid. Dan sampai sekarang masih menjabat sebagai Ketua Umum PDIP

2. Susi Pudjiastuti (Menteri, Entrepreneur)

Dunia perikanan tempat dimana wanita bisa memiliki karir yang memukau. Kehidupan dilaut yang keras seringkali dianggap tidak cocok oleh wanita yang terkenal dengan kelemah lembutannya.

Susi memulai karirnya menjadi pengusaha ikan dan kemudian bisnisnya yaitu PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang merupakan eksportir seafood dari Indonesia. Tidak hanya itu, Susi pun mengembangkan bisnisnya dibiang penerbangan dengan mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang mengoperasikan Susi Air. Karirnya sebagai wanita yang fokus pada bidang perikanan membuatnya ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Indonesia sampai saat ini.

3. Farah Quinn (Chef)

 

Memasak memang identik dengan kaum wanita. Bahkan ada stereotip yang mengharuskan wanita untuk bisa memasak. Kenyataanya untuk menjadi chef atau koki profesional masih didominasi oleh kaum pria. Kehidupan di dapur yang panas dan juga keras membuat wanita sering dianggap tidak mampu untuk menaklukan tekanan tersebut.

Farah Quinn mampu menjadi chef dan juga selebriti terkenal di Indonesia. Begitu lulus dari Pennsylvania Culinary Insitute, Farah memulai karirnya dengan menjadi pastry kitchen di Arizona Biltmore Hotel. Hingga kemudian membuka restoran sendiri yang dianugerahi bintang 4 untuk makanan penutup yang dibuatnya. Kesuksesan yang diraihnya di negeri orang, akhirnya membawanya kembali ke Indonesia dan menjadi seorang celebrity chef. Terbukti dengan beberapa program TV yang tidak hanya ditayangkan di Indonesia saja tapi juga di Singapore, Hong Kongm Malaysia, Brunei, Filipina, Mongolia, Thailand dan Korea Selatan.

4. Marissa Mayer (CEO Perusahaan Teknologi)

Teknologi juga menjadi bidang yang diidentikan dengan laki-laki. Sebut saja nama orang-orang sukses di bidang teknologi seperti Steve Jobs, Bill Gates, Mark Zuckerberg yang adalah kaum pria. Namun Marrisa mampu menunjukan bahwa wanita juga bisa mendapatkan kesuksesan di bidang teknologi.

Begitu lulus dari Stanford University, Marrisa mendapat tawaran pekerjaan yang tidak tanggung-tanggung yaitu sebagai 20 tawaran pekerjaan yang ditujukan untuknya. Marissa kemudian memilih Google untuk menjadi tempat pertamanya bekerja. Gmail menjadi salah satu product yang juga dihasilkan oleh Marrisa dan menjadi Vice President of Google Product Search juga pernah dirasakannya, hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi CEO Yahoo.

5. Tyra Banks (Model, Entrepreneur)

Sebagai seorang artis yang multitalenta membuat nama Tyra Banks kian terkenal. Mengawali karirnya sebagai seorang model, tidak membuatnya merasa puas dan cukup akan pencapaiannya tersebut. memasuki dunai pertelevisian, Tyra mencoba untuk menjadi seorang produser dan juga pemain film dan televisi. Tidak hanya itu, Tyra juga menunjukan kemampuannya untuk menjadi penulis, dimulai dengan menulis buku yang berjudul “Tyra’s Beauty inside and out” kemudian Tyra juga membuat sebuah novel yang berjudul “Modelland” yang menjadi Best Seller.  Tyra pun tidak puas dengan kesuksesanny, bermodalkan sertifikat yang didapatkannya dari Harvad Business School ia kemudian membuat produk kecantikan dengan brand Tyra Beauty.

6. Marry Bara (CEO Perusahaan Otomotif)

 

Marry Teresa Markela atau yang dikenal dengan Mary Barra  adalah CEO General Motor sekaligus menjadi CEO wanita pertama di bidang otomotif. Bidang otomotif sendiri merupakan bidang yang didominasi oleh kaum pria. Namun hal itu bukan berarti wanita tidak bisa menjadi pemimpin di perusahaan yang bergerak di bidang otomotif.

Mengawali karirnya di perusahaan General Motor sejak berusia 18 tahun membuatnya tidak lantas mengesampingkan pendidikan. Begitu mendapat gelar sarjana di bidang teknik elektro, Mary kemudian bekerja sebagai teknisi senior. Menyadari bakatnya dalam bidang manajemen, akhirnay membuatnya kembali menimba ilmu di Stanford Business School. Setelah itu karirnya mulai meningkat menjadi GM manager dan akhirnya menjadi CEO General Motors. Atas pencapaiannya itu pun, Mary dinobatkan menjadi salah satu wanita paling berpengaruh versi majalah Forbes.

7. Samantha Cristoforetti (Astronot)

Menjadi astronot bukanlah hal mudah, perlu pengetahuan dan juga kemampuan yang mumpuni untuk menjadi seorang penjelajah antariksa. Samantha pun menjadi astronaut wanita Italia pertama di luar angkasa.

Berbekal gelar teknik industry yang didapatnya dari University of Munich membuatnya melanjutkan pendidikandi University of Chemistry and Technology di Moskow. Hingga akhirnya Samantha mengikuti pendidikan Ilmu Aeronatika di University Federico II, Naples membuatnya menjadi wanita pertrama yang bergelar letnan dan juga pilot tempur bagi angkatan udara di Italia. Kerja keras serta kemampuannya pun akhirnya membuat namanya tercantum untuk menjadi salah satu astronaut yang akan terbang ke angkasa melalui misi future yang merupakan misi berdurasi panjang. Samantha memang bukan menjadi astronaut wanita pertama, namun dia memegang rekor sebagai wanita terlama yang berada di luar angkasa yaitu selama 199 hari dan 16 jam.

Menjadi pemimpin atau menduduki karir yang sukses bagi seorang wanita bagaikan sebuah mimpi. Jangan memimpin negara, terkadang menjadi pemimpin di kantor saja sulit sekali bagi seorang wanita, untuk itulah ketujuh wanita diatas dan juga wanita lainnya yang akan dan telah membuktikan bahwa mereka juga bisa menjadi pemimpin dan sukses dalam karirnya.

Sekarang bukan lagi saatnya wanita tidak bisa memiliki karir yang  cemerlang terutama di bidang yang didominasi oleh kaum pria. Karir adalah milik siapa saja yang mencintai pekerjaan itu dengan sungguh-sungguh. Selama pekerjaan itu dilakukan dengan sepenuh hati, maka bukan tidak mungkin kesuksesan akan menghampirinya baik itu pria ataupun wanita.

Baca juga : 5 Hal Penting Bagi Karir Seorang Rekruter

image source : https://www.flickr.com/photos/dlr_de/20951865043/in/dateposted/

Related Posts