in Tips Dunia Kerja

5 Hal Penting Bagi Karir Seorang Rekruter

JobSmart Indonesia
Menjadi seorang rekruter mengharuskannya untuk mengambil banyak tindakan yang kritis seperti menarik perhatian kandidat, menghubunginya, hingga akhirnya merekrut dan mendekati kandidat yang terbaik. Namun, ada satu hal yang dapat menghancurkan karir yang telah susah payah dibangun oleh rekruter yaitu tidak adanya hasil yang didapatkan.

Jika biasanya kandidat membutuhkan pekerjaan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup, namun tidak semua kandidat yang melamar di perusahaan membutuhkan pekerjaan karena motif ekonomi. Sehingga seringkali kandidat tersebut tidak tertarik untuk bekerja disana. Untuk itulah rekruter harus memiliki kemampuan ini agar dapat mendapatkan kandidat yang terbaik.

1. Biarkan kandidat berbicara terlebih dahulu

Berikan kesempatan bagi kandidat untuk menyampaikan pendapatnya sebelum Anda memberitahukan detail pekerjaannya. Dengan begitu sebagai rekruter Anda dapat melihat kandidat lebih dalam lagi dan menemukan apa yang ingin diketahui dari kandidat tersebut.

2. Kuasai pembicaraan mengenai kompensasi

Sebisa mungkin hindari pembicaraan mengenai gaji dan juga kompensasi pada awal pembicaraan dan cari tahu dulu sebesar apa minat kandidat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika kandidat tidak mementingkan jenjang karir yang lebih baik, maka masalah kompenasasi tidaklah terlalu rumit, namun jika kandidat ingin mengalami peningkatan karir maka bisa didiskusikan lebih lanjut.

3. Jangan terburu-buru menawarkan pekerjaan

Dalam proses rekrutmen ada beberapa langkah yang harus dilalui, maka dari itu jangan sampai Anda terlalu cepat dan melewati langkah-langkah tersebut. Langkah pertama, Anda bisa menjelaskan bagaimana pekerjaan ini dapat meningkatkan karir dari kandidat. Setelah itu adalah percakapan yang lebih dengan user atau manajer HRD. Intinya lakukan sesuai dengan prosedur yang seharusnya dilakukan.

4. Review profile LinkedIn kandidat

Melihat profil LinkedIn kandidat sekarang sudah menjadi hal yang normal di lakukan oleh para HRD. Lihat seberapa besar jaringan dan kemampuan yang dimiliki oleh kandidat. Apakah kandidat tersebut merupakan salah satu orang yang aktif di media sosial bagi para profesional atau tidak, jika kandidat adalah orang yang aktif, hal itu bisa meniadi nilai tambah bagi kandidat.

5. Ciptakan kesempatan berkarir

Buatlah kandidat tertarik untuk menunggu tahap selanjutnya dengan menciptakan kesempatan untuk berkarir yang lebih baik lagi. Jika kandidat adalah seorang pekerja sebelumnya maka berikanlah kesempatan bahwa nantinya kandidat dapat meningkatkan karirnya.

Mendapatkan kandidat yang tepat tidaklah mudah, namun bukan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentulah membutuhkan usaha yang besar dan juga waktu yang cukup. Jadi, lakukan hal diatas untuk mendapatkan kandidat yang tepat dan pertahankan karir Anda yang bagus sebagai rekruter. (BV)

Baca juga : Seberapa Cepat Rekruter Menyaring Kandidat?

Related Posts