in Tips Dunia Kerja

Belajar dari Chole Gadis Cilik yang Melamar di Google

JobSmart Indonesia

Jika kamu update dengan berita terbaru pasti berita tentang Chloe, gadis kecil yang menulis surat lamaran ke perusahaan raksasa Google pasti sudah kamu ketahui. Surat yang berisi kejujuran seorang anak yang ingin sekali bekerja di perusahaan teknologi itu menarik perhatian masyarakat dunia. Tidak hanya menarik, namun impian itu terbilang cukup unik bagi seorang anak perempuan yaitu bekerja di perusahaan teknologi.

Bisa dibilang sebagai cover letter, Chloe menulisnya dengan cukup baik, bahkan ada beberapa hal yang bisa ditiru, seperti :

1. Kepada siapa surat itu ditujukan

Faktor penting dalam sebuah lamaran adalah kepada siapa surat itu tujukan. Chloe dengan jelas menuliskan tujuannya adalah boss dari Google. Bukan kepada bagian penerimaan atau staff lainnya di Google. Namun bagi Anda yang ingin melamar, jika Anda mengenal nama dari HRD atau Bos di perusahaann yang dituju akan lebih baik. Sebab lamaran akan tertuju langsung kepada orang yang berkepentingan.

2. Siapa diri Anda dan apa yang Anda inginkan

Jelas sekali diawal suratnya, Chloe secara langsung menjelaskan bahwa dia ingin bekerja di Google. Pernyataan yang secara langsung ditulisnya ini tidak lupa menyertakan usianya juga, dan tidak lupa menyertakan kata-kata “ketika saya besar nanti…”

3. Ceritakan tentang pencapaian

Tidak lupa Chloe juga menceritakan kehebatannya, dan pujian yang diterimanya. Dengan begitu, akan meyakinkan orang lain, bahwa Anda pantas untuk bekerja di perusahaan itu.  Walaupun usianya baru 7 tahun, namun dia dapat menceritakan dengan baik apa yang menjadi kelebihannya dan tidak mengada-ada dan sangat baik untuk usia 7 tahun.

4. Berikan pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan

Sadar bahwa dirinya sedang menulis surat untuk bekerja di Google, Chloe juga menuliskan pengalamannya bermain game tentang robot dan juga rencana orang tuanya untuk membelikannya komputer nanti. Hal itu menunjukan bahwa dirinya memiliki niat untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya di bidang teknologi.

5. Gunakan keyword yang sesuai

Mengetahui Google adalah perusahaan teknologi, tak lupa Chloe menyertakan keyword yang berhubungan dengan hal itu seperti robot dan komputer. Walaupun tidak secara spesifik menjelaskan hal-hal yang berbau teknologi, namun dua kata kunci tersebut sudah cukup dimengerti oleh anak berusia 7 tahun yang tertarik bekerja di Google, bukan hanya karena fasilitas kantornya yang menarik dan juga nama besarnya. Namun karena ketertarikannya terhadap bidang yang dijalani oleh perusahaan tersebut.

Baca juga : 5 Hal Yang Wajib diketahui Jobseeker Saat Melamar Pekerjaan Lewat Situs Online

Related Posts