in Tips Dunia Kerja

Kemampuan Utama yang Harus Dimiliki Oleh Kandidat

JobSmart Indonesia

 

Dalam mencari karyawan untuk sebuah posisi, rekruter memiliki kualifikasi yang berbeda-beda. Namun ada satu kemampuan yang seharusnya dimilki oleh kandidat dan sangat dicari oleh rekruter yaitu empati. Dimana seseorang memiliki kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain dan merasa simpatik serta mencoba untuk menyelesaikan masalah dan mengambil perspektif orang lain.

Menjadi pemimpin yang baik adalah untuk menjadi pendengar yang baik bukan pembicara yang baik. Seringkali ketika terjadi masalah, seseorang akan langsung menuju pada solusinya, padahal seharusnya sebelum menyelesaikan masalah tersebut, Anda harus benar-benar mengetahui apa yang menjadi masalahnya.

Tindakan untuk menganalisa kembali hal tersebutlah yang nantinya dapat membuat solusi yang diberikan dapat berjalan dengan baik. Untuk dapat menyelesaikan suatu masalah, tidak bisa langsung menemukan solusinya. Sebelumnya Anda harus memiliki empati untuk dapat mengerti bagaimana masalah tersebut dari sudut pandang orang lain. Sediakan waktu untuk mencoba mengerti sebelum akhirnya mengambil sebuah keputusan. Seperti kata orang bijak, lebih baik menyelesaikan masalah dengan telinga dibandingkan dengan mulut.

Terutama jika posisi yang dibutuhkan adalah seorang pemimpin baik itu manajer ataupun direktur. Sikap empati akan lebih penting dibandingkan keahlian yang dimilikinya. Sebab keahlian dapat dipelajari dan selalu berkembang, namun sikap empati semakin lama semakin jarang ditemui. Sehingga dalam menyelesaikan suatu masalah justru membuat masalah baru lagi.

Keahlian atau hard skill memang penting untuk melakukan pekerjaan, tapi soft skill seperti empati juga tidak kalah penting, bahkan menjadi salah satu skill yang seharusnya dimiliki oleh setiap karyawan yang bekerja di perusahaan. Sebab dalam bekerja, dia tidak melakukannya seorang diri melainkan membutuhkan orang lain juga untuk bekerja sama. Begitupun dengan masalah yang mungkin saja akan terjadi, tidak bisa diselesaikan sendiri.

Tidak pernah ada seseorang yang menyelesaikan masalah seorang diri. Jadi pastikan orang yang akan Anda rekruter memiliki kemampuan untuk mendengarkan yang lebih baik daripada berbicara. Apapun posisinya, selama memiliki rasa empati bagi orang lain, maka akan membuat kerjasama tim menjadi lebih baik dan produktivitas akan meningkat. Bukan hanya kemampuan saja yang dapat meningkatkan produktivitas namun rasa bahagia berada dilingkungan kerja yang justu meningkatkan produktivitas lebih terlihat drastis.

Baca juga : Ajukan Pertanyaan Ini Untuk Menemukan Kandidat yang Potensial

Related Posts