in Tips Dunia Kerja

Ajukan Pertanyaan Ini Untuk Menemukan Kandidat yang Potensial

JobSmart Indonesia

 

Dalam proses interview tentu saja Anda ingin melihat potensi yang dimiliki oleh kandidat. Hal itutidak secara langsung dapat terlihat melainkan butuh usaha untuk membuat kandidat menunjukan potensi yang dimilikinya. Salah satu cara untuk membuat kandidat menunjukan potensinya adalah mengajukan pertanyaan. Jawaban yang diberikan dari kandidat dapat menyiratkan pertanyaan potensi yang ada dalam diri kandidat tersebut. Berikut pertanyaan yang dapat membantu Anda untuk melihat potensi kandidat :

1. Bukan pertanyaan yang spesifik.

Dengan menanyakan hal yang lebih personal dan tidak terlalu spesifik dapat membuat kandidat menjadi lebih rileks dan bebas untuk menceritakan apa saja. Tapi, melalui hal itu rekruter dapat melihat bagaimana kemampuan kandidat dalam menjelaskan sesuatu. Misalnya saja, Anda sedang mencari posisi marketing, tentu saja kemampuannya dalam berbicara terutama persuasi akan sangat dibutuhkan. Maka cobalah untuk berikan pertanyaan yang tidak terlalu spesifik dan biarkan kandidat menjelaskannya dengan bebas.

2. Pertanyaan yang jawabannya adalah salah

Kejujuran adalah hal penting, namun kini demi mendapatkan sesuatu kadang jujur itu sudah dianggap tidak penting lagi. Jika Anda ingin mencari orang yang jujur, berikanlah pernyataan yang salah dan tanyakan pendapatnya. Jika kandidat tersebut tidak sependapat dengan Anda, maka dia adalah orang yang jujur dan juga berani memperlihatkan kejujuran. Jujur saja tidak cukup, melainkan keberanian untuk menunjukan hal yang benar itu lebih penting.

3. Tanyakan aktivitasnya sehari-hari

Hobby adalah kegiatan yang paling disukai namun belum tentu dilakukan setiap harinya. Tanyakanlah apa yang dilakukan oleh kandidat dalam kesehariannya. Dengan begitu Anda jadi tahu apa yang biasanya dilakukan olehnya dan dapat menemukan potensi apa yang ada dalam dirinya. Namun hal ini bisa jadi menjadi blunder jika kandidat terjebak dalam rutinitas harian yang membuat potensinya menjadi mati. Untuk itu, cermati body language kandidat saat memberikan jawaban.

Melihat potensi yang dimiliki kandidat tidak hanya dari CVnya saja, tapi juga jawaban langsung yang diberikannya pada saat wawancara. Untuk itu, manfaatkan pertanyaan yang akan Anda berikan agar jawaban yang Anda dapat dapat menunjukan kandidat itu berpotensi atau tidak.

Baca juga : Apa yang Sebenarnya Dilihat Rekruter dari CV?

Related Posts