in Tips Dunia Kerja

Apa yang Sebenarnya Dilihat Rekruter dari CV?

Apa yang Sebenarnya Dilihat Rekruter dari CV_

Menurut penuturan dari Engineering Recruiter @ Facebook, untuk menyaring CV dia membutuhkan waktu kurang dari 25 detik. Hal itu bukan karena hanya sedikit yang dilihat, tapi memang untuk menyaring kandidat dibutuhkan waktu yang cepat. Namun apa saja yang harus sebenarnya dilihat dari CV itu ?

Status kandidat

Apakah Anda masih bekerja atau sedang tidak bekerja saat melamar pekerjaan tersebut. berbeda dengan fresh graduate, tapi orang yang sedang tidak bekerja cenderung lebih kurang menarik dibandingkan kandidat yang sudah bekerja dan melamar di tempat lain.

Alasan melamar

Apa yang membuat Anda tertarik untuk melamar di perusahaan tersebut? Apakah karena Anda sedang bermasalah dengan kantor lama, ataukah memang pekerjaan yang ditawarkan lebih baik dari sebelumnya. Orang lain cenderung akan berpindah untuk mengejar posisi atau gaji yang lebih tinggi, jika Anda masih melamar pada posisi atau gaji yang sama.

Lamanya pengalaman kerja

Untuk melihat apakah kandidat profesional atau tidak, bisa dilhat dari durasi pengalaman kerja yang dimilikinya. Jika kandidat hanya baru bekerja selama 3 bulan saja, maka hal itu bukan waktu yang tepat untuk berganti pekerjaan kan? Kecuali jika ada yang salah bagi pada orang itu ataupun perusahaannya.

Tempat kerja sebelumnya

Perusahaan tempat bekerja sebelumnya juga bisa dijadikan acuan. Misalnya saja, kandidat ini pernah bekerja di perusahaan terkenal maka hal itu akan meningkatkan daya tarik dari kandidat tersebut. Berbeda jika sebelumnya Anda bekerja di perusahaan yang tidak terlalu besar lalu Anda mencoba melamar di perusahaan yang besar. Tentu saja persaingannya akan semakin berat.

Peningkatan karir

Salah satu alasan orang untuk berpindah kerja adalah untuk mengalami peningkatan karir. Hal itu bisa dilihat dari pengalaman kerja Anda. Bukan hanya lamaya saja, tapi juga apakah ada peningkatan posisi yang terjadi. Misalnya saja dari staff meningkat menjadi manajer. Begitupun jika terjadi penururan posisi maka akan terasa janggal.

Keyword Skill

Dalam menuliskan kemampuan yang dimiliki, kata-kata yang digunakan akan sangat berpengaruh. Tuliskan pula kemampuan yang spesifik, tidak yang mengambang atau tidak jelas. Semakin jelas Anda menuliskan kemampuan yang dimiliki, maka semakin mudah juga rekruter dapat melihat Anda.

Nah, karena seorang rekruter melihat CV itu dalam waktu yang sangat singkat. Jadi buatlah CV yang benar-benar dapat discreening dengan mudah oleh rekruter.

Baca juga : Bagaimana Menghitung Cost per Hire yang Tepat?

Related Posts