in Tips Dunia Kerja

Bagaimana Menghitung Cost per Hire yang Tepat?

JobSmart Indonesia

Dalam rekrutmen dikenal dengan istilah cost per hire atau biaya per perekrutan. Bahkan tidak jarang, budget yang dimiliki oleh HRD untuk rekrutmen menjadi yang terbesar di perusahaan. Kira-kiara apa saja sih biaya yang dibutuhkan untuk melakukan rekrutmen dari awal memasang lowongan hingga akhirnya mendapatkan karyawan yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang termasuk dalam perhitungan biaya perekrutan dan hal itu dibagi menjadi dua yaitu biaya internal dan biaya eksternal. Biaya eksternal yaitu seluruh biaya yang dikeluarkan untuk memasang iklan, ikut dalam jobfair atau menggunakan jasa konsultan ataupun headhunter. Sementara biaya internal yaitu biaya yang dikeluarkan seperti gaji, bonus serta pengembangan karir bagi tim rekruter, penggunaan software atau hardware untuk menyaring kandidat serta biaya lain seperti referral.

Untuk melihat keefektifan biaya perekrutan, dilihat dari banyaknya jumlah kandidat yang ikut mendaftar dan juga pentingnya posisi yang dibutuhkan oleh rekruter. Biaya untuk merekrut top management biasanya lebih besar dikarenakan dibutuhkan skill tertentu untuk dapat merekrutnya. Berbeda dengan fresh graduate yang dengan banyak mencari pekerjaan.

Namun tidak semua biaya perekrutan akan memiliki jumlah yang sama. Semuanya itu tergantung pada besar kecilnya perusahaan dan juga keahlian yang dicarinya serta metode apa yang digunakan untuk mencari kandidat.

Rekruter pun tidak perlu khawatir apabila cost per hirenya ternyata tidak sebanding dengan karyawan yang dicari karena seharusnya biaya perekrutan akan sesuai dengan kualitas dan karyawan yang direkrut itu. Jika ternyata karyawan yang direkut tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka perusahaan telah salah merekrut kandidat.

Jika rekruter dapat menemukan metode yang tepat untuk merkerut karyawan yang tepat hal itu bisa dilihat dari biaya per perekrutan yang cenderung stabil namun hasil yang didapatkan tidaklah mengecewakan.

Maka dari itulah rekruter harus bisa menemukan strategi yang tepat untuk menemukan karyawan yang tepat dengan biaya per perekrutan yang seimbang. Untuk perhitungan lengkapnya, Anda bisa download kalkulator disini.

Baca juga : Perbedaan Headhunter, Rekruter dan Sourcer

Related Posts