in Tips Dunia Kerja

Tips Mencari Kandidat Melalui LinkedIn

JobSmart Indonesia
LinkedIn bukan sekedar situs bagi para profesional tapi juga tempat bagi rekruter mencari kandidat. Tidak jarang juga banyak orang yang mendapat pekerjaan dari LinkedIn. Berbeda dengan disitus pencari kerja, biasanya orang yang mencari pekerjaan melalui LinkedIn adalah para profesional yang mencari pekerjaan yang lebih baik lagi. dengan kata lain. Banyak kandidat berkualitas yang tersebar disana, maka dari itu banyak juga rekruter yang memanfaatkan kesempatan ini. Tapi, bagaimana caranya agar bisa menarik minat kandidat untuk bekerja di perusahaan Anda?

1. Perbanyak koneksi

Semakin banyak koneksi yang Anda miliki, semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan kandidat yang terbaik. Koneksi yang banyak juga menimbulkan image yang baik dimata orang lain. Semakin banyak koneksi semakin Anda terlihat profesional dimata orang lain. Buatlah profil Anda semenarik mungkin hingga dapat memikat orang lain untuk berjejaring dengan Anda.

2. Tambahkan “we’re hiring” di profile

Tulisan di profil LinkedIn dapat mempengaruhi orang lain untuk menambahkan Anda sebagai koneksinya dan juga menjalin hubungan dengan Anda. Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan menuliskan “we’re hiring” di profile. Dengan begitu, Anda seakan memberitahukan bahwa saat ini sedang ingin merekrut orang.

3. Mengirimkan pesan secara langsung

Dari banyak pengguna LinkedIn pastinya ada orang yang menarik minat Anda untuk dipekerjakannya. Kirimkan pesan secara langsung kepada kandidat yan Anda incar melalui personal message. Dengan begitu orang tersebut dapat merespon Anda secara langsung juga. Jika kandidat tersebut memberikan respon yang baik maka Anda bisa melanjutkan perbincangan dengan bertemu secara langsung.

4. Aktif share, like atau memberikan komentar

Keaktifan Anda menggunakan LinkedIn juga dapat membuat orang lain tertarik untuk bekerja dengan Anda. Selain itu dengan membagikan, like dan juga komentar pada konten positif tersebut juga dapat membantu koneksi yang Anda miliki untuk melihat konten tersebut juga. Karena setiap konten yang Anda share, like atau komentari akan muncul pada home LinkedIn mereka.

Mencari kandidat kini tidak perlu lagi bergantung pada situs pencari kerja. Nyatanya lebih banyak profesional yang mencari pekerjaan melalui media sosial, seperti LinkedIn.

Baca juga :Bagaimana Membuat Situasi Wawancara yang Nyaman?

Related Posts