in Tips Magang

Jangan Takut Rekrut Generasi Millenial

JobSmart Indonesia

Banyak rekruter yang sering memandang sebelah mata CV seorang fresh graduate atau generasi millenial. Bahkan tidak jarang langsung melewatkannya, sebelum mencoba untuk melihat potensi yang dimilikinya. Wajar sekali jika para fresh graduate tidak memiliki pengalaman kerja. Begitu juga dengan latar belakang pendidikan yang mungkin tidak terlalu memukau. Namun, itu bukan berarti kalau orang itu tidak memiliki potensi.

Rekruter masa kini tidak lagi mempekerjakan seseorang dari CV nya saja, melainkan dari potensinya.

Karyawan yang memiliki potensi yang akan membuat perusahaan semakin berkembang. Pengalaman memang penting untuk digunakan dalam membuat keputusan penting bagi perusahaan. Tapi, jangan lupa untuk ikut dalam perubahan yang sekarang dialami di dunia ini. Ditengah perubahan yang cepat ini, perusahaan juga harus melakukan perubahan.

Salah satunya dengan mulai merekrut generasi millennial.

Kenyataannya sekarang sebanyak 10.000 karyawan yang berasal dari generasi baby boomers pensiun setiap harinya. Maka dari itu perusahaan harus mempersiapkan pemimpin baru yang berasal dari generasi selanjutnya. Banyak survey yang mengatakan generasi millennial cocok untuk dijadikan pemimpin.

Mereka dapat dengan mudah mengikuti perubahan, karena memang perubahaan besar terjadi pada zamannya. Maka dari itu mereka sudah menjadi terbiasa dengan hal itu.

Terbiasa dengan teknologi

Sudah biasa kan melihat anak kecil yang mahir menggunakan gadget? Jangan heran, karena memang dari kecil mereka sudah terbiasa dengan hal itu. Hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi perusahaan yang menggunakan teknologi dalam aktivitas kerjanya.

Sekarang apapun bisa dilakukan dengan bantuan teknologi salah satunya dengan merekrut kandidat. Rekruter dapat menyaring kandidat dengan cepat dan mudah melalui sistem. Sehingga menghemat banyak waktu dibandingkan melakukanya secara manual.

Banyak pula yang meramalkan bahwa dunia pekerjaan nantinya akan semakin dibantu dengan teknologi.

Maka dari itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang dapat menguasai teknologi. Supaya yang terjadi bukan manusia yang dikuasai oleh tkenologi, tapi teknologi yang membantu manusia.

Motivasi tinggi dan kreatif

Banyak jenis pekerjaan yang justru baru muncul karena hadirnya generasi millennial dan teknologi. Sebut saja youtuber, selebgram, vlogger yang sekarang sudah menjadi profesi seseorang. Jangan salah, pendapatan yang dimilikinya pun tidak kalah dari pekerjaan lain, bahkan lebih besar.

Perusahaan sebetulnya membutuhkan pekerja-pekerja kreatif dan memiliki motivasi yang tinggi. Jika perusahaan dapat memanfaatkan kemampuan dari generasi millennial dengan baik, perusahaan pun akan berkembang.

Jadi, kalau ingin perusahanamu tetap maju dan selalu berkembang, jangan takut rekrut generasi millenial.

Baca juga : Merekrut itu Susah?

Related Posts