in Tips Dunia Kerja

Merekrut itu Susah?

JobSmart Indonesia

Ada seorang teman saya yang berkata kalau merekrut kandidat itu sudah. Berdasarkan pengalamannya selama puluhan tahun menjadi seorang rekruter, untuk mencari kandidat saja membutuhkan biaya dan juga tenaga yang besar. Belum lagi jika tidak pasti apakah kandidat tersebut benar-benar cocok untuk bekerja di perusahaan.

Banyak perusahaan yang mengalami bad hiring atau salah merekrut. Gak kebayang deh kerugian yang dialami perusahaan sebanyak apa. Untuk mencari kandidat saja sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, lalu ketika sudah mendapatkan kandidat, ternyata kandidat tersebut bukanlah yang dibutuhkan.

Tapi sebenarnya apa sih yang membuat proses rekrutmen menjadi susah?

Kurang memanfaatkan teknologi

Sekarang bukan lagi zamannya untuk bersusah payah melakukan sesuatu, contohnya jika ingin memesan kendaraan, sudah bisa dilakukan secara online. Begitupun dengan proses rekrutmen, tidak perlu repot untuk menyaring kandidat. Kenapa?

Rekruter sekarang bisa menggunakan system yang dapat langsung menyaring kandidat secara otomatis, contohnya JobSmart. Screening system ini mampu memberikan rekomendasi kandidat hanya dalam hitungan detik. Dengan bantuan teknologi semua memang dapat dilakukan dengan lebih cepat. Bayangkan saja jika melihat satu CV kandidat memakan waktu satu menit, lalu rekruter harus menyaring 6000 CV, maka akan memakan waktu sebanyak 100 jam.

Karena itulah rekruter bisa membutuhkan screening system karena selain mempermudah untuk menyaring kandidat, juga mempercepat proses rekrutmen.

Biaya yang dikeluarkan cukup besar

Kata siapa merekrut kandidat itu tidak membutuhkan banyak biaya. Karena mencari aset berharga bagi perusahaan, tentu saja harus ada biaya yang dikeluarkan dan itu tidaklah sedikit. Mulai dari memasang iklan lowongan di situs pencari kerja yang biayanya bisa berjuta-juta. Lalu untuk melakukan psikotest dan juga interview.

Tapi sekali lagi, jika rekruter bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, maka biaya yang dikeluarkan tidak perlu semahal biasanya. Selain membantu rekruter untuk menyaring kandidat, JobSmart juga memberikan perusahaan kemudahan untuk memposting lowongan mereka di situs JobSmart. Asalkan cukup kreatif, rekruter dapat memasang iklan lowongan secara gratis.

Susah atau tidaknya proses merekrut sebenarnya tergantung pada rekruter yang menjalaninya. Namun satu hal yang pasti, merekrut kandidat adalah sesuatu yang penting. Aset paling berharga dari sebuah perusahaan bukanlah gedung atau fasilitas yang dimilikinya melainkan karyawan yang bekerja siang malam demi memajukan perusahaan.

Sudah siap untuk menemukan aset yang tepat bagi perusahaanmu?

Baca juga : Mau Rekrut Kandidat Tapi Masih Mikirin Budget ?

Related Posts