in Tips Dunia Kerja

Mau Rekrut Kandidat Tapi Masih Mikirin Budget ?

JobSmart Indonesia

Setiap perusahaan pasti memilki budget untuk merekrut kandidat. Biasanya besar kecilnya budget yang diberikan tergantung dari besar kecilnya perusahaan juga. Tapi, ada juga perusahaan yang termasuk besar namun memberikan budget yang tidak banyak.

Sekarang yang seharusnya kamu pikirkan adalah bagaimana merekrut kandidat sesuai dengan budget yang diberikan. Meskipun budgetnya banyak atau sedikit, tetap saja kamu harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Lebih baik lagi jika kamu bisa mendapatkan kandidat dengan pengeluaran yang lebih rendah dari budgetmu, atau sesuai budget tapi kualitas kandidat yang didapatkan itu melebihi harapan yang diinginkan oleh perusahaan.

Sebenarnya ada beberapa cara yang untuk mendapatkan kandidat berkualitas tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bahkan jika budget yang kamu dapatkan tidak lebih dari 3 digit angka saja.

Branding perusahaan melalui sosial media

Salah satu cara untuk mendapatkan kandidat dengan mudah adalah dengan membuat perusahaan dikenal dengan baik oleh masyarakat. Sebelum melamar atau memutuskan mengikuti tahapan selanjutnya, biasanya kandidat akan mencari perusahaan di mesin pencari. Hal itu dilakukannya bukan hanya untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai perusahaan tapi juga memutuskan apakah perusahaan itu adalah tempat yang cukup baik untuknya bekerja nanti.

Jika perusahaanmu bisa muncul di mesin pencari dan memiliki reputasi yang oke, maka kamu tidak perlu khawatir. Kandidat sekarang bekerja bukan hanya untuk uang tapi juga gengsi. Semakin terkenal perusahaan tempatnya bekerja, maka akan semakin bangga juga dia bekerja disana.

Respon setiap tindakan kandidat

Tidak ada ruginya untuk memberikan respon bagi kandidat. Apalagi kandidat tersebut sudah mengeluarkan usaha ekstra untuk bisa mengikuti proses rekrutmen yang kamu buat. Berikan dia ucapan terima kasih karena telah mencoba melamar di perusahaanmu. Hal kecil seperti itu akan sangat berpengaruh bagi citra perusahaanmu dimata kandidat. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi rasa kecewa kandidat yang tidak diterima di perusahaanmu.

Posting lowongan secara gratis

Memposting lowongan pekerjaan biasanya memakan biaya yang cukup banyak. Bahkan tidak jarang itu menjadi biaya paling besar dalam proses rekrutmen. Sekarang kamu bisa memasang iklan lowongan gratis, karena nyatanya ada portal rekrutmen seperti JobSmart yang memberikan perusahaan kemudahan untuk memasang lowongannya secara gratis. Kok bisa? Tentu saja bisa, kenapa tidak langsung dicoba saja?

Merekrut kandidat tidak hanya membutuhkan biaya saja, tapi juga kreativitas dan yang paling penting kepedulian terhadap kandidat. Jika kamu cukup mempedulikan kandidat, maka tidak sulit untukmu menemukan kandidat yang tepat.

Baca juga : 5 Pertanyaan yang Sering di Tanyakan Melalui Video Interview

Related Posts