in Tips Dunia Kerja

5 Pertanyaan yang Sering di Tanyakan Melalui Video Interview

JobSmart Indonesia

 

Sebagai rekruter tentunya Anda tidak ingin membuang banyak waktu dalam proses rekrutmen kan? Hal itulah yang sering membuat  Anda melakukan cara lain untuk mengenali kepribadian kandidat sebelum bertemu langsung dengannya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pre-interview. Biasanya pre interview ini dilakukan sebelum melakukan interview yang lebih dalam. Pertanyaan yang diberikan pun bersifat dasar, dan dari pertanyaan tersebut sudah dapat dilihat apakah kandidat tersebut yang dibutuhkan atau tidak.

Pertanyaan yang diberikan tidaklah terlalu dalam, melainkan pertanyaan dasar yang langsung bisa menyaring kandidat mana saja yang kira-kira cocok dan mana yang tidak cocok, seperti :

1. Mengapa Anda tertarik melamar di posisi ini?

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui motivasi kandidat melamar di perusahaan Anda. Ada juga kandidat yang sebenarnya tidak terlalu ingin bekerja di perusahaan Anda, tapi hanya mencoba peruntungan saja. Padahal motivasi itulah yang nanti akan menjadi faktor Anda memilih kandidat. Jika dirasa motivasinya sama dengan yang Anda cari, maka Anda tidak perlu ragu lagi.

2. Apa yang menjadi kekuatan Anda?

Pasti Anda ingin mengetahui apa yang menjadi kekuatan dari kandidat tersebut, kan? Jika kandidat dapat menjawabnya dengan yakin dan percaya diri maka hal itu adalah hal yang bagus. Namun jika kandidat masih ragu terhadap apa yang menjadi kekuatannya maka Anda tidak perlu berlama-lama lagi dan segera mencari kandidat selanjutnya.

3. Apa yang menjadi kelemahan Anda?

Jika ada kekuatan, pasti ada juga kelemahannya, sebab tidak ada orang yang sempurna didunia ini. Mengetahui apa yang menjadi kelemahan diri sendiri merupakan sebuah nilai tambah bagi seorang kandidat. Karena dengan begitu, kandidat menyadari apa yang menjadi kelemahan dirinya dan juga bisa mengontrol dirinya untuk tidak menjadi jatuh dengan apa yang menjadi kelemahannya.

4. Bagaimana Anda melihat diri Anda 5 tahun mendatang?

Bicara dengan 5 tahun mendatang, pasti Anda ingin tahu bagaimana rencana yang dimiliki oleh kandidat tersebut. Apakah dia mempunyai visi yang jauh didepan dan apakah dia juga sudah mempunyai misi untuk mencapai visinya tersebut. Hal itulah yang ingin Anda ketahui dari pertanyaan ini.

5. Berapa gaji yang Anda harapkan?

Biasanya para kandidat tidak mempersiapkan jawaban dari pertanyaan ini dengan baik. Menentukan besaran gaji memang merupakan hal yang sensitif. Tapi respon yang Anda dapat dari kandidat akan memperlihatkan rasa ketertarikan dan juga percaya diri. Selain itu, jika gaji yang diinginkan oleh kandidat tidak sesuai dengan posisi yang sedang Anda cari, maka tidak usah pusing lagi untuk mengeliminasinya.

Beberapa perusahaan masih melakukan pre-interview melalui telepon. Efektif sih tapi hal itu sudah jadul alias kurang uptodate. Menggunakan telepon memang mudah dan juga cepat, namun rekruter kurang banyak menerima informasi dari kandidat karena hanya mendengar suara dan jawaban saja. Sekarang, banyak perusahaan yang sudah menggunakan fitur video untuk melakukan pre-interview. Dimana melalui video, perusahaan tidak hanya bisa mendengar jawaban kandidat, tapi juga penampilan dan bahasa tubuh dari kandidat. Sehingga rekruter bisa lebih yakin lagi dalam memilih kandidat mana yang akan dipekerjakan.

Baca juga : Gaya Merekrut Sesuai dengan Kepribadian

Related Posts