in Tips Dunia Kerja

Tantangan Rekruter Tahun 2017

 JobSmart Indonesia

Industri rekrutmen termasuk salah satu industri yang mengalami perubahan dengan cepat. ditambah dengan penggunaan teknologi yang turut membantu proses rekrutmen menjadi lebih cepat dan efisien. Awalnya untuk mendapatkan kandidat perusahaan harus mengiklankan secara manual, misalnya dengan di print dan ditempelkan di tempat-tempat keramaian atau melalui koran, sekarang hanya perlu memasang iklan lowongan di situs pencari kerja dan kandidat langsung dapat melamar di pekerjaan itu dengan cepat.

1. Proses rekrutmen harus makin cepat

Makin hari makin banyaknya informasi yang didapatkan kandidat hingga akhirnya mereka menyadari bahwa mereka adalah aset penting bagi perusahaan. Mereka sadar bahwa perusahaan membutuhkan mereka untuk menjalankan bisnisnya. Maka dari itu resiko untuk kehilangan kandidat yang baik akan lebih besar jika proses rekrutmen yang Anda lakukan itu terlalu lama.

Pada saat melamar di perusahaan Anda, pasti kandidat juga sedang melamar di tempat lain. Mereka akan cenderung memilih pekerjaan yang lebih dulu menerima mereka untuk menjadi pegawainya. Maka dari itu, proses rekrutmen tercepatlah yang akan mendapatkan kandidat yang terbaik itu.

Bukan hal yang baru lagi, jika kamu berpikir bahwa kandidat tersebut adalah kandidat yang potensial maka perusahaan lain juga berpikir hal yang sama. Apalagi jika posisi dan juga industri perusahaan yang dilamar itu sama.

2. Employer branding bagi perusahaan

Kemudahan informasi yang diterima oleh masyarakat sekarang, membuat banyak hal yang baru menjadi terkenal, namun disisi lain membuat hal itu gampang dilupakan juga. Salah satu indikator yang membuat perusahaan tetap mudah saat ingin mencari kandidat adalah memiliki tingkat kepopuleran dan reputasi yang baik.

Kandidat cenderung akan memilih perusahaan yang dikenal oleh banyak orang dibanding perusahaan yang kurang terkenal, walaupun perusahaan yang kurang terkenal itu memiliki budaya dan juga bisnis yang memiliki masa depan cerah. Namun kandidat zaman sekarang dalam memilih pekerjaan bukanlah berdasarkan kecocokan gaji saja, tapi juga gengsi. Semakin terkenal perusahaan tempatnya bekerja, semakin bangga juga dia bekerja diperusahaan itu.

Nah, supaya perusahaan bisa dengan mudah mendapatkan karyawan, maka perusahaan haruslah memiliki branding yang baik dimata masyarakat. Cara yang paling gampang adalah dengan meningkatkan kepuasan karyawan. Jika mereka puas, maka mereka tidak akan segan untuk mempromosikan perusahaan secara gratis.

3. Nilai kandidat dengan baik

Mencari kandidat yang tepat bukanlah perkara mudah. Perusahaan harus bisa menilai kandidat dengan cepat tapi juga tepat. Jadi, jangan sampai karena terlalu terburu-buru dalam menilai kandidat membuat Anda kehilangan kandidat yang sebenarnya tepat dan berpotensi membuat perusahaan lebih baik.

Lihat dan kenali kandidat lebih baik lagi dengan waktu yang cepat sekarang bukan mustahil. Banyak sistem yang dapat membantu rekruter untuk menyaring kandidat sesuai kebutuhan. Sehingga rekruter tidak membuang banyak waktu untuk menyaring hal-hal sederhana seperti kriteria yang dibutuhkan.

Jadi, sudah siap untuk menghadapi tantangan di tahun baru nanti?

Baca juga : Recruiter To Do List

Related Posts