in Tips Dunia Kerja

Recruiter To Do List

JobSmart Indonesia

 

Tahun baru sering menjadi momen bagi kita untuk menyusun target dan rencana baru. Mulai dari mengingat kembali apa yang terjadi selama setahun belakangan ini mulai dari hal yang buruk hingga pencapaian apa saja yang berhasil diraih.

Manusia memiliki sifat yang tidak pernah puas, bahkan berdasarkan survey yang dilakukan, kebahagiaan seseorang didapat karena rasa tidak pernah puas. Ketika kita berhasil untuk menaklukan tantangan itu, maka kita akan menjadi puas, namun rasa puas itu tidak akan bertahan lama, dan pastinya kita terus menginginkan sesuatu yang lebih.

Untuk itulah, dari pengalaman yang sudah terjadi sepanjang tahun ini, yuk buat apa saja yang harus dilakukan di tahun depan. Salah satunya adalah dengan membuat to-do list atau hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

Menuliskan banyak hal yang kamu inginkan tidaklah sulit, apalagi sesuatu yang menjadi impianmu, namun yang sulit adalah untuk melakukannya.

Pertama kamu harus yakin dulu dengan apa yang ingin kamu lakukan, dan harus mempunyai komitmen yang tinggi untuk melakukannya. Dengan begitu kamu bisa melawan rasa malas yang mungkin kamu rasakan, atau menambah motivasimu untuk bisa bangkit kembali ketika mengalami kegagalan.

1. Tulis dengan tangan

Menurut survey sesuatu yang kamu tulis dengan tangan cenderung lebih mudah diingat. Walaupun sekarang banyak reminder yang bersifat digital, tapi tulisan yang ditulis langsung oleh tanganmu akan lebih menempel dikepalamu sehingga kamu akan selalu ingat untuk melakukannya.

2. Tentukan objektif dengan detail

Yap, tuliskan dengan detail apa saja yang ingin kamu capai. Jika hal yang ingin kamu capai terlalu general maka akan sulit bagimu untuk menentukan cara bagaimana hal itu bisa tercapai. Misalnya kamu ingin mempercepat proses rekrutmen yang biasa kamu lakukan. Nah, mempercepatnya itu harus jelas, misalnya dulu kamu melakukan proses rekrutmen selama tiga bulan, kini harus bisa melakukannya dalam waktu satu bulan saja.

3. Buat jadwal yang rapi

Jadwalkan segala hal yang ingin kamu lakukan itu dengan terstruktur. Kamu bisa lebih mudah mengerjakan sesuatu jika memang hal itu sudah kamu jadwalkan dan kamu jadi bisa memanfaatkan waktumu dengan baik. Kamu bisa memperhitungan kecepatan kerjamu dengan target yang kamu punya.

4. Motivasi diri sendiri

Kamu tidak selalu butuh motivator untuk membuat dirimu menjadi kembali bersemangat, karena dirimu sendiri juga bisa menjadi motivator. Caranya kamu tinggal mengingat kembali pencapaian apa saja yang sudah kamu dapatkan sehingga kamu yakin bahwa sebenarnya kamu memiliki kemampuan tersebut.

Lalu bagaimana jika hal yang kamu alami adalah sesuatu yang buruk?

Hal itu juga bisa dijadikan pelajaran bagimu untuk bangkit dan berdiri dari hal yang buruk itu. Sejatinya semua hal itu baik, tergantung darimana saja kamu melihatnya. Jika selalu melihat dari sisi baiknya, maka tidak akan ada hal yang buruk.

5. Beritahu orang lain

Ceritakan pada orang lain tentang apa yang ingin kamu lakukan bagi selama setahun ini. Bukannya bermaksud untuk menyombongkan diri, tapi dengan memberitahukannya pada orang lain, mereka bisa jadi pengingat bagimu. Semakin banyak orang yang tahu, semakin banyak juga yang akan mengingatkanmu tentang target yang harus kamu capai.

Baca juga : Sambut Tahun Baru Dengan Gaya Rekrutmen yang Baru

Related Posts