in Tips Dunia Kerja

Sambut Tahun Baru Dengan Gaya Rekrutmen yang Baru

JobSmart Indonesia

Tidak terasa, kita sudah sampai di penghujung tahun, siapa saja yang sudah Anda rekrut tahun ini? belakangan ini banyak aplikasi dan juga website yang kita gunakan memberikan rangkuman apa saja yang kita lakukan saat ini. mulai dari facebook yang memberitahu kegiatan apa saja yang kita lakukan selama setahun, hingga spotify yang memberi rangkuman lagu apa saja yang sering kita dengarkan dalam setahun. Apakah hal itu membuat Anda menjadi berpikir metode rekrutmen Anda saat ini sudah tepat?

Well, segala hal kini makin dimudahkan dengan teknologi, mulai dari mencari tempat, mencari makanan, hingga mencari jodoh semuanya dipermudah dengan teknologi. Begitu juga dengan mencari kandidat. Namun kini masih banyak rekruter yang belum memanfaatkan teknologi dengan baik, masih banyak rekruter yang berjuang mencari kandidat secara manual. Padahal hal itu sangat mengurang waktu dan juga tenaga.

Para pakar rekrutmen memprediksikan, di tahun 2017 nanti akan banyak  teknologi yang dikembangkan demi proses rekrutmen yang lebih cepat. Contohnya saja, sejak tahun kemarin, sudah dikembangkan sistem yang dapat mencocokan kandidat secara otomatis sehingga dapat mempercepat proses seleksi yang dilakukan oleh rekruter. Para rekruter biasanya membutuhkan waktu lama untuk menyeleksi kandidat. Apalagi jika kandidat yang melamar itu ada ribuan. Selain waktu yang lama, fokus dari rekruter juga akan berkurang sehingga pada saat memilih kandidat, rekruter sudah tidak maksimal lagi, karena kelelahan melakukan proses yang sebelumnya.

Namun dengan bantuan dari sistem, nantinya rekruter akan semakin dimudahkan, contohnya saja JobSmart, yang menyediakan fitur laporan kepribadian. Fitur tersebut sangat membantu rekruter untuk langsung mengetahui hasil kepribadian dari kandidat tanpa harus melakukan tes sendiri, karena kandidat terlebih dahulu melakukan tes di JobSmart. Jika biasanya rekruter harus meluangkan waktu untuk menyelenggarakan tes, kini rekruter langsung dapat membaca hasil kepribadian dari kandidat.

Salah menilai kandidat juga sering dilakukan kandidat. Ada pepatah yang mengatakan jangan menilai buku dari sampulnya, namun hal itu tidak berlaku dalam rekrutmen. Rekruter pasti menilai kandidat dari penampilannya juga selain dari kemampuannya. Maka dari itu, agar tidak salah menilai, rekruter dapat menggunakan fitur pre-interview video. Jadi rekruter tidak perlu repot mengundang kandidat untuk melihatnya secara langsung, cukup melihat video interview yang dibuat oleh kandidat saat melamar. Dengan begitu, rekruter dapat menilai kandidat dengan lebih jelas lagi, bukan hanya dari foto yang terlampir di CV tapi juga intonasi suara, dan bahasa tubuh yang terlihat melalui video.

Setelah melihat kepribadian dan juga video dari kandidat, pekerjaan rekruter tidak selesai sampai disitu saja. Memilih kandidat adalah proses yang sulit, apalagi jika pilihannya banyak. Untuk itulah JobSmart memberikan fitur pencocokan otomatis yang dapat memberikan rekomendasi kandidat yang tepat bagi rekruter. Misalnya rekruter ingin mencari kandidat yang memiliki kriteria tertentu, maka rekruter hanya cukup menuliskan kriteria dan hasilnya sudah langsung didapat dalam hitungan detik saja.

Sudah bukan saatnya lagi merekrut kandidat secara manual, masuk tahun baru, ayo pakai gaya baru.

Baca juga : Dear Rekruter, Ini Alasan Mengapa Perilaku Lebih Penting Dari IQ

Related Posts