in Tips Dunia Kerja

Pertanyaan yang Akan Menemukan Kandidat yang Tepat

JobSmart Indonesia

Menyaring kandidat bukanlah pekerjaan yang mudah melainkan pekerjaan yang memiliki resiko yang cukup tinggi. Jika sampai salah memilih kandidat, perusahaan bisa mengami kerugian. Bahkan kerugian yang dialami bisa lebih besar daripada kerugian ditinggalkan oleh karyawan terbaiknya. Maka dari itu, perusahaan harus bisa menyaring kandidat dengan baik agar tidak terkena salah merekrut.

Berdasarkan artikel yang dilansir dari majalan Inc, ada 4 pertanyaan yang bisa diberikan kepada kandidat agar bisa menemukan reaksi kandidat yang jujur dan juga kemampuan lainnya. berikut pertanyaannya :

1. Ceritakan tentang terakhir kali pelanggan atau rekan kerja marah pada Anda?

Apakah calon kandidat melemparkan tanggung jawabnya dan menyalahkan orang lain?

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apakah tindakan kandidat itu memperlihatkan bahwa mereka bisa menemukan sebuah pelajaran dari apa yang dialaminya dan bisa mempelajarinya dengan baik. Tentu saja yang ingin Anda dengar adalah  kandidat adalah orang yang bertanggung jawab atas konflik dan memiliki usaha untuk memperbaiki situasi tersebut.

2. Ceritakan keputusan terberat yang harus Anda ambil dalam kurun waktu 6 bulan?

Berhati-hatilah jika kandidat tidak bsia menjawab pertanyaan ini. Jika kandidat memberikan respon yang lebih positif akan memperlihatkan bagaimana kandidat membuat keputusan yang sulit berdasarkan logika atau mungkin keputusan interpersonal yang rumit. Lebih baik lagi jika kandidat memberikan jawaban yang berupa rekomendasi keduanya.

3. Ceritakan ketika kamu tahu benar tapi masih harus mengikuti arah atau pedoman yang ada?

Kandidat yang baik mengetahui apa yang akan dilakukannya dan mampu memenuhi deadline dalam kondisi apapun dan baru mengangkat masalah pada waktu dan tempat lain yang tepat. Setelah mereka melakukan hal ini, maka mereka akan semakin termotivasi dan juga dapat memotivasi orang lain. Orang ini seperti inilah yang kamu cari.

4. Ceritakan ketika pekerjaan Anda belum selesai tapi waktu kerja telah berakhir?

Yang ingin Anda lihat dari pertanyaan ini adalah komitmen, prioritas dan juga kemampuan  komunikasi dari kandidat. Jika kandidat memberikan jawaban yang menyiratkan bahwa dia hanya melakukan apa yang dia bisa dan tidak ingin berkembang lagi, maka kamu bisa berhati-hati dengan kandidat seperti itu.

Karyawan yang hebat akan selalu bersinar selama wawancara berdasarkan kenyataan yang dialaminya.

Mau dapat menyaring kandidat dengan cara cepat? Daftar di www.jobsmart.co.id sekarang! Dapatkan uji coba gratis 15 hari :)

Related Posts