in Tips Magang

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Renungkan Saat Magang

JobSmart Indonesia

Banyak kampus yang mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil kerja magang sebelum lulus kuliah. Kadang hal itu dilihat sebagai sesuatu yang mengerikan bagi mahasiswa, padahal itu adalah peluang emas yang kamu manfaatkan untuk menjalani karirmu nantinya. Berikut hal apa saja yang perlu kamu renungkan saat sedang magang :

1. Pekerjaan apa yang kamu inginkan? Kamu ingin menjadi apa ?

Sebelum memilih tempat magang,ada baiknya kamu renungkan dan pastikan pekerjaan apa yang ingin kamu geluti. Walaupun tempat magangmu kadang ditentukan oleh  pihak sekolah, tapi kamu juga bisa mencari tempat magang yang darisana kamu bisa menemukan passionmu. Sehingga nantinya kamu tidak akan sulit untuk berkarir di bidang yang kamu sukai.

2. Apakah magang ini akan memberikanmu kesempatan?

Memang tujuanmu mengikuti kerja magang adalah untuk mencari pengalaman. Namun, harusnya bukan hanya pengalaman saja yang dicari, tapi juga kesempatan. Maka dari itu, temukan perusahaan dimana kamu bisa memiliki kesempatan untuk berkarir disana nantinya. Atau jalin hubungan dengan orang-orang dimana kamu bisa memiliki kesempatan bekerja lebih besar.

3. Apakah budaya perusahaan itu baik untukmu?

Setiap perusahaan pasti memiliki budayanya masing-masing. Dan pastinya setiap perusahaan juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Maka dari itu, kamu harus pikirkan baik-baik apakah budaya perusahaan itu baik untukmu atau cocok denganmu. Jika cocok, maka tidak ada salahnya untuk dicoba.

4. Bagaimana rekam jejak dari supervisormu saat magang ?

Orang yang berpengaruh pada saat kamu melakukan kerja magang adalah supervisormu. Merekalah yang akan secara langsung mendidik dan mengajarimu apa saja yang perlu kamu kerjakan. Walaupun begitu, kamu harus tahu siapa yang menjadi supervisormu itu, apa latar belakangnya, karena kamu akan dimentori olehnya, kamu harus tahu keahlian dan karakter seperti apa yang dimiliki oleh supervisormu itu.

5. Apa pekerjaanmu saat magang ?

Inilah yang terpenting, sudah menjadi seperti tradisi bahwa anak magang hanya mengejarkan hal-hal sepele yang diperintahkan oleh atasannya. Seperti membuatkan kopi, membelikan makanan, dll. Sehingga kamu ingin mendapatkan pengalaman kerja itu seperti apa, malah terlihat seperti office boy yang jelas sekali berbeda dengan tujuan awalmu bekerja disana.

Magang sama hal nya dengan pekerjaan pertama, karena itulah kamu harus mempersiapkannya dengan matang dan juga hati-hati. (BV)

image source : singapore.pgcareers.com

Baca juga : Bagaimana Caranya Anak Magang Menjadi Karyawan?

Related Posts