in Tips Dunia Kerja

Dear Rekruter, Ini 4 Kemudahan Menggunakan Video Interview Dalam Rekrutmen

JobSmart Indonesia

Merekrut karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan bukanlah pekerjaan mudah. Pekerjaan itu membutuhkan usaha yang keras, waktu yang lumayan lama dan juga biaya yang tidak sedikit. Tidak jarang hal itu membuat rekruter menjadi pusing tujuh keliling. Karena bisa ketika sudah melakukan hal itu tapi karyawan yang dibutuhkan belum juga ditemukan. Untuk itu, berikut 4 kemudahan yang diberikan oleh video interview kepada rekruter:

1. Menghemat biaya

Menggunakan video interview, jelas akan sangat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk proses rekrutmen. Perusahaan tentu akan lebih senang dengan hal ini, dan bisa saja biaya yang seharusnya dikeluarkan bisa dialokasikan untuk hal lain yang dibutuhkan oleh perusahaan juga.

2. Melihat kandidat lebih dalam

Menyaring kandidat berdasarkan secarik kertas tidaklah mudah dan bisa saja banyak hal yang terlewatkan. Rekruter tidak bisa melihat kemampuan kandidat lebih dalam, terutama jika kandidat tersebut tidak bisa menunjukan kemampuannya melalui CV yang dibuatnya itu. Melalui video, rekruter bisa melihat hal-hal yang tidak bisa ditemukan di CVnya, seperti bahasa tubuh, intonasi suara hingga penampilan dari kandidat tersebut.

3. Melakukan screening dengan cepat

Proses screening bisa menjadi proses yang paling melelahkan dalam proses rekrutmen. Karena pada saat itulah banyak kandidat yang harus disaring menjadi lebih mengerucut. Namun dengan video, rekruter tidak perlu membuang banyak waktu. Hanya dengan menonton video yang dibuat oleh kandidat dimana saja dan kapan saja. Sehingga proses screening jadi lebih cepat dan kandidat yang dibutuhkan juga lebih cepat ditemukan.

4. Resiko salah pilih kandidat berkurang

Dalam merekrut orang kandidat, tentu saja ada kemungkinan untuk rekruter salah merekrut kandidat. Hal itu biasanya terjadi karena rekruter kurang mengenal kandidat lebih dalam. Sehingga saat diterima bekerja, ternyata posisi itu tidak cocok untuknya. Jika sudah begitu, pastilah biaya yang digunakan lebih besar lagi. Maka dari itu, video interview hadir untuk mengurangi resiko rekruter salah memilih kandidat. Karena bisa melihat karakter hingga kepribadian lebih dalam lagi.

Ingin mencoba mudahnya merekrut menggunakan video interview? (BV)

image source : www.levo.com

Baca juga : Kenapa Banyak Orang Menggunakan Video Interview ?

Related Posts