in Tips Dunia Kerja

5 Cara Membangun Networking Dengan Rekruter

JobSmart Indonesia

Salah satu taktik untuk cepat mendapat pekerjaan adalah dengan berjejaring dengan rekruter. Bisa dibilang merekalah pintu gerbang bagimu untuk masuk ke dalam perusahaan. Tapi, kamu masih bingung bagaimana cara menjalin hubungan yang baik dengan para rekruter? Berikut uraiannya :

1. Pastikan dirimu gampang ditemukan

Jika kamu ingin berjejarin dengan banyak orang, kamu harus mudah ditemui. Jangan sampai orang lain kesulitan untuk mengenal dirimu. Punya banyak media sosial misalnya, itu akan membantumu untuk berkenalan dengan banyak orang.

2. Tambahkan media sosialnya

Mempunyai media sosial saja tidak akan cukup jika kamu belum menambahkan media sosialnya. Maka dari itu, tambahkan profil rekruter di akun media sosial kamu. Melalui sosial media, kamu bisa berjejaring bahkan dengan orang di benua lain lho.

3. Bergabung dan aktif di dalam group

Kamu bisa masuk ke dalam group yang berisi banyak rekruter atau group dibidang yang kamu kuasai. Dengan begitu kamu tidak hanya bisa saling berbagi informasi tentu, kamu juga bisa mulai untuk menjalin hubungan dengan para rekruter yang ada di group tersebut.

4. Selalu berikan respon

Begitu kamu ada didalam group, jangan hanya diam dan pasif. Kamu harus bisa aktif dan berikan respon terhadap aktivitas yang ada di dalam group itu. Segala bentuk responmu akan membuatmu lebih diingat daripada orang lain yang tidak aktif.

5. Aktif menjalin komunikasi

Selain aktif dalam group kamu juga harus punya inisiatif untuk menjalin hubungan dengan rekruter secara pribadi. Walaupun kamu mendekatinya karena punya tujuan, tapi kamu harus tetap terlihat profesional dalam komunikasinya. (BV)

image source : www.teamhuber.com

Baca juga : 5 Cara Menjalin Networking Dengan Orang Asing

Related Posts