in Tips Dunia Kerja

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Kamu Gak Tahu Mau Ngapain di Kantor

JobSmart Indonesia

Pernahkah kamu merasa “hilang” di kantor? Misalnya, atasanmu sedang memberikan instruksi tapi yang kamu dia bicarakan sama sekali gak kamu mengerti. Kamu seperti hilang ingatan dan gak tahu harus ngapain di kantor? Nah, kalau kamu mengalami hal seperti itu, berikut hal yang bisa kamu lakukan :

1. Berpura-pura bekerja sampai kamu tahu

Kamu bisa berpura-pura mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh atasanmu itu, dan mencoba mencari tahu caranya kemudian. Dengan begitu kamu akan tetap terlihat profesional dan pintar. Serta tidak menunjukan kelemahanmu dihadapan orang lain.

2. Bilang langsung kalau kamu kurang paham

Kalau kamu gak bisa berpura-pura bekerja sampai akhirnya kamu tahu, ya jujur saja kalau kamu tidak mengerti atau sekarang merasa hilang saat itu. Tapi kalau mau jujur seperti itu, lihat kondisi perusahaan dan juga kepribadian dari atasanmu itu ya, jangan sampai kejujuranmu membawamu pada masalah. Walaupun sebenarnya, jujur itu baik, tapi kamu tidak perlu selalu jujur dan memperlihatkan kelemahanmu, kan?

3. Cari teman yang senasib

Coba deh kamu ngobrol dengan rekan kerjamu, dan cari tahu apakah hanya kamu yang sedang merasa aneh di kantor atau  ada banyak orang yang juga merasakannya. Kalau kamu bisa menemukan teman yang senasib, tentu akan lebih nyaman. Bersama kalian bisa saling membantu satu sama lain.

4. Jawab hal yang ditanyakan saja

Kamu tidak perlu memberitahukan informasi yang tidak ditanyakan. Jadi mudahnya, ya kamu hanya perlu menjawab hal yang dipertanyakan saja, tidak perlu membeberkan segala jenis alasan atau hal-hal yang tidak perlu diketahui oleh orang lain. Karena hal itu bisa saja menimbulkan kesalahpahaman baru lagi.

5. Periksa check list mu dengan rutin

Memeriksa check list pekerjaanmu dengan rutin juga bisa membuatmu jadi tahu apa yang harusnya kamu kerjakan. Itu bisa membantumu untuk mengerti apa yang seharusnya kamu kerjakan. Check listmu itu juga bisa jadi panduanmu untuk melakukan pekerjaanmu di kantor.

Masalah pasti ada di setiap kantor, tapi besar tidaknya masalah itu tergantung bagaimana kamu memandang dan mengatasinya saja. (BV)

image source : www.samaritans.org

Baca juga : 7 Syarat yang Harus Dimiliki Jika Ingin Bekerja di Perusahaan Start Up

Related Posts