in Tips Dunia Kerja

7 Jurus Menonjolkan Diri Saat Interview

JobSmart Indonesia

Interview adalah saat dimana kamu harus menjual dirimu sebaik mungkin hingga kamu bisa menonjol di banding kandidat yang lain. Karena berburu pekerjaan bukanlah hal yang mudah, dan setelah tahap psikotest, saat interview adalah saatnya kamu mengeluarkan seluruh kemampuanmu untuk mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, berikut 7 jurus agar kamu mampu terlihat menonjol di banding kandidat lain saat interview :

1. Kesan pertama

Inilah yang harus kamu ciptakan saat interview, yaitu kesan pertama. Karena pada saat itulah kamu pertama kali bertemu dengan orang yang akan merekrut kamu. Kesan pertama itu harus kamu bangun bukan hanya diruangan kamu interview saja, tapi sejak kamu menginjakkan kakimu di perusahaan itu.

2. Miliki persiapan

Jangan datang ke sebuah interview tanpa adanya persiapan terlebih dahulu, karena hal itu akan membuatmu terlihat tidak profesional sama sekali. Adapun hal yang perlu kamu persiapkan adalah mentalmu untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan padamu, serta dokumen-dokumen penting yang harus kamu bawa.

3. Percaya diri

Kamu tidak bisa membuat orang lain percaya pada kemampuanmu, jika kamu tidak percaya pada dirimu sendiri. Untuk itu tunjukanlah rasa percaya dirimu itu kepada interviewer. Tapi jangan lupa rasa percaya diri itu tidak boleh berlebihan. Karena kalau terlalu berlebihan, bisa menimbulkan kesan tong kosong nyaring bunyinya.

4. Body language

Bahasa tubuhmu juga penting saat wawancara, karena hal itu bisa menunjukan kepribadianmu. Misalnya dengan cara dudukmu, apakah condong ke depan atau condong ke belakang. Lebih baik, duduklah dengan santai dan ciptakanlah kesan seakan-akan perusahaan itu yang membutuhkanmu untuk berada di situ.

5. Ajukan pertanyaan

Ketika kamu diberikan kesempatan untuk bertanya sesuatu, maka bertanyalah. Jika kamu bingung ini bertanya apa, sebaiknya tanyakan tentang apa saja yang ingin kamu ketahui tentang perusahaan itu seperti budayanya, lalu kejelasan jenjang karir atau adakah kesempatan bagimu untuk berkembang disitu.

6. Sopan santun

Sopan santun itu penting dan selalu dibutuhkan setiap saat. Walaupun kamu harus bisa menciptakan kesan bahwa kamulah yang dibutuhkan oleh perusahaan itu, tapi jangan bersikap angkuh. Tetaplah sopan dan hormati orang yang sedang berbicara denganmu.

7. Rencanakan hal tak terduga

Ada banyak kejadian tak terduga yang bisa terjadi saat kamu interview, misalnya kamu ditanyakan tentang apa yang membuatmu keluar dari pekerjaanmu sebelumnya. Jika kamu tidak mengantisipasi jawabannya dengan baik, maka hal itu bisa menjadi boomerang bagimu. Karena bagaimana kamu keluar dari perusahaan akan sangat mempengaruhi penilaian rekruter terhadapmu. (BV)

image source : www.news.com.au

Baca juga : 5 Cara Menaklukan Interview Kerja

Related Posts