in Tips Dunia Kerja

Perjalanan Karir Pesebakbola Christiano Ronaldo

JobSmart Indonesia

Christiano Ronaldo yang memiliki julukan CR7 ini memang sedang banyak dibicarakan semenjak berhasil membawa negaranya Portugal memenangkan EURO 2016. Pencapaiannya yang bisa dibilang fantastis saat ini tidak diraihnya dengan mudah. Berikut perjalanan karir dari Christiano Ronaldo hingga bisa mencapai puncak kesuksesannya :

1. Sporting Lisbon

Mengawalinya karirnya di usia 16, Sporting Lisbon adalah klub pertamanya. Kerja keras dan kecintaanya dalam dunia sepak bola ditunjukannya kala berhasil mencetak gol bersama di U-17 yang saat itu sedang menjamu tim raksasa Manchester United. Dan karena penampilan dan gol yang cetakannya saat itu, membuat Sir Alex Fergusson meliriknya untuk menjadi anak asuhannya di MU.

2. Manchester United

Di usia yang masih terbilang muda, Ronaldo sudah bisa berlaga di sebuah klub besar. Benar saja, keberadaannya di Manchester United justru memberikan angin segar bagi klub yang bermarkas di Old Trafford. Ronaldo mampu meraih beberapa penghargaan diantaranya PFA Player of The Month, PFA Player of The Year, FIFA World Player Year Award,  hingga Ballon d’Or pertamanya. Namun segala prestasinya yang diraih bersama MU tidak menghentikan keinginannya untuk memiliki karir yang lebih baik di tempat lain.

3. Real Madrid

Hingga akhirnya pada Juli 2009, Real Madrid resmi mendapatkan Ronaldo sebagai pemainnya. Berlaga di klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini juga membuatnya semakin terkenal. Keahliannya semakin berkembang di bawah asuhan Jose Mourinho. Tak heran jika bersama Real Madrid CR7 ini berhasil mendapatkan beberapa penghargaan seperti menjadi Top Scorer di beberapa pertandingannya European Golden Shoe, dan UEFA Best Player in Europe.

Satu hal yang bisa dicontoh dari keberhasilan Ronaldo selain kerja keras adalah sikapnya yang tidak mudah puas dengan apa yang sudah dicapainya. Hal itu ditunjukannya dengan meninggalkan klub yang mengantarkan meraih kesuksesan dan berpindah ke tempat yang menurutnya bisa membuatnya bisa lebih hebat lagi. (BV)

image source : www.ronaldo7.net

Baca juga : Sikap-Sikap Yang Pantas Kamu Tiru Dari Sosok Pesepakbola Bambang Pamungkas

Related Posts