in Tips Dunia Kerja

Memilih Pertemanan yang Benar di Kantor

JobSmart Indonesia

Mungkin kedengarannya orang yang suka memilih teman itu jahat, padahal sebenarnya tidak loh. Yang jahat itu adalah kalau kamu memilih teman berdasarkan status sosial, suku, agama dan rasnya. Memilih teman yang dimaksud disini tentu saja bukan berdasarkan hal itu, tapi berdasarkan pengaruh yang akan diberikan kepadamu. Lingkungan itu memiliki pengaruh yang besarr pada kepribadianmu. Jadi kalau ingin memiliki karir dan kepribadian yang baik, kamu harus pilih-pilih teman seperti ini di kantor :

1. Selalu datang paling pagi atau tepat waktu

Jika setiap kali kamu sampai di kantor dan temanmu ini sudah berada di kantor lebih dulu, berarti kamu tidak salah pilih teman. Karena dia memiliki sifat tepat waktu dan pastinya menghargai waktu. Kamu pun tidak akan repot kita janjian sama dia, karena pastinya dia gak akan ngaret.

2. Dapat dipercaya dan tidak suka gosip

Sebaiknya sih memang kamu jangan terlalu percaya pada orang yang baru kamu kenal, apalagi dengan rekan kerja. Karena kompetisi juga pasti ada di dunia kerja. Jadi kalau kamu menemukan temanmu yang bisa dipercaya maka kamu akan sangat beruntung. Apalagi jika dia tidak suka bergosip atau mudah percaya dengan gosip yang beredar.

3. Ramah dan senang berbicara di publik

Untukmu yang termasuk introvert, sebaiknya kamu cari teman yang ektrovert. Semakin lama kamu berteman dengan mereka, kamu akan mampu menghadapi ketakutanmu untuk berbicara di depan publik atau di depan orang banyak. Sedikit demi sedikit kamu akan terpengaruh dengan keberanian mereka dan juga keramahannya.

4. Talk less do more

Nah, ini dia yang penting, cari teman yang gak Cuma suka ngomong aja, tapi juga ditunjukan dengan tindakannya. Karena kalau orang yang banyak ngomongnya tapi gak ada tindakannya sama seperti peribahasa tong kosong nyaring bunyinya. Kamu gak akan mendapatkan manfaat apa-apa selain omong besarnya.

Sekali lagi, memilih teman itu harus pintar, bukan jahat. Karena lingkungan pertemanan itulah yang akan membentuk dirimu menjadi seperti apa. (BV)

image source : www.datacenterdynamics.com

Baca juga : Jika Tidak Mau Rekan Kerja Kamu Itu-Itu Saja, Ikutilah Hal Berikut

Related Posts