in Tips Dunia Kerja

Salah Kerja? Atau Salah Passion?

Salah-siapaTekanan dalam pekerjaan memanglah banyak. Salah satunya adalah disaat pekerjaan yang kamu kerjakan bukanlah passion kamu. Kenapa bisa begitu? Kasus seperti ini sudah sering terjadi di banyak perusahaan. Banyak kasus terjadi karena karyawan melakukan pekerjaan tidak sesuai passion atau hobbynya. Hal ini memang terlihat sepele namun efeknya bisa sangatlah fatal. Perusahaan pun harus menerima keadaan bad hire dan melakukan recruitment ulang sehingga harus membuang biaya, waktu, dan tenaga.

 

Bagaimana cara mengatasi agak tidak terjebak dalam pekerjaan yang seperti itu? Harusnya ini adalah persoalan yang mudah, hanya karena banyak faktor lain ini semua terlihat sangat sulit dan berbelit. Beberapa faktornya adalah “yang penting kerja”, “kebutuhan akan uang”, dan “gengsi”. Diantara ketiga factor tersebut pastilah “kebutuhan akan uang” yang menjadi kendala terbesar. Kenapa? Karena kebutuhan tersebut adalah kebutuhan utama yang tidak bisa digantikan dengan yang lain. Jika tidak kerja, makan tidak dapat uang. Demikian juga dengan “yang penting kerja”, keadaan seperti ini bisa menjadi sangat fatal dan akan menjadi boomerang bagi individu tersebut.

 

Faktor-faktor tersebut adalah faktor yang bisa membuat individu terjebak dengan pekerjaan yang tidak sesuai bahkan tidak menyenangkan untuk dijalankan. Bagaimana cara mengatasinya? Salah satu hal yang mudah adalah dengan mencari pekerjaan sesuai dengan passion dan hobby, jangan sekali-kali asal apply pekerjaan. Dengan demikian pasti akan terhindar dari salah kerja dan perusahaan pun tidak akan terjebak bad hire.

 

Salah satu yang dapat membantu adalah dengan mengikuti kuis Kenali Dirimu di website www.jobsmart.co.id sehingga kamu bisa mengenal diri kamu dengan lebih dalam dan terbebas dari salah kerja dan bad hire.

 

Baca juga : Hobi yang Menguntungkan Bagi Karirmu

Related Posts