in Tips Dunia Kerja

Belum Menemukan Karir yang Sesuai? Ini yang Perlu Kamu Lakukan

JobSmart Indonesia

Kuliah sudah selesai, tapi masih belum tahu mau berkarir di bidang apa? Yang pasti sih tidak jauh dari jurusan kuliahmu saat ini. Tapi kalau kamu merasa kamu tidak ingin berkarir di bidang itu bagaimana? Ya sudah, lakukanlah hal ini agar kamu tidak bisa menemukan karir yang sesuai denganmu :

1. Manfaatkan kesempatan dengan baik

Jangan terlalu pemilih dalam pekerjaan pertamamu. Tentu saja tidak ada pekerjaan yang sempurna dan sama persis dengan yang kamu idamkan. Apalagi jika kamu adalah seorang fresh graduate. Manfaatkan saja kesempatan yang datang padamu dengan baik, dan jangan sia-siakan hal itu.

2. Ikut menjadi relawan

Menjadi relawan bisa kamu lakukan selagi menunggu pekerjaan yang tepat untukmu. Dengan begitu kamu tetap memanfaatkan keahlianmu dan tetap produktif. Sebab jika setelah lulus kuliah kamu tidak melakukan apa-apa, itu bisa membuat kemampuanmu menurun.

3. Mengikuti kursus

Kamu bisa mengambil kursus bahasa asing seperti Inggris, German, Belanda, atau bahasa Mandarin. Karena jika kamu bisa menguasai beberapa bahasa, kesempatanmu bekerja di perusahaan multinasional akan semakin besar. Selain wawasanmu yang akan bertambah, pergaulanmu pun bisa lebih luas.

4. Perdalam hobimu

Mungkin saja pekerjaan yang sesuai denganmu adalah pekerjaan yang sesuai dengan hobimu. Maka dari itu, jalanilah hobimu itu dengan serius. Ikutilah perkumpulan atau dapatkan sertifikat dari hobi yang kamu jalani itu. Bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan pekerjaan dari hobimu itu.

5. Berwirausaha

Jika kamu merasa tidak suka bekerja pada orang, mungkin itu memang tandanya kamu harus membuat lapangan usaha sendiri, atau berwirausaha. Jangan takut untuk gagal, tapi takutlah untuk tidak mencoba sesuatu yang kamu inginkan.

Dapatkan karir yang sesuai dengan kepribadianmu di www.jobsmart.co.id ya! (BV)

image source : www.inacol.org

Baca juga : Ikuti Langkah Ini Jika Kamu Seorang Fresh Graduate

Save

Related Posts