in Tips Dunia Kerja

CV Sudah Oke Tapi Masih Belum Dapat Pekerjaan?

JobSmart Indonesia

Kamu sudah berusaha dan mengikut cara membuat CV yang bagus tapi masih belum mendapatkan pekerjaan? Mungkin saja hal itu dikarenakan hal-hal berikut ini :

1. Salah melamar pekerjaan

Sebagus apapun CV yang kamu buat tapi kalau tidak sesuai dengan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka kamu tetap akan ditolak. Mungkin kamu bisa melamar ke posisi yang bisa diisi oleh semua jurusan. Tapi tentu saja kesempatanmu lebih besar jika kamu melamar ke posisi yang sama dengan latar belakang pendidikanmu.

2. Periode waktu menganggur

Terlalu lama menganggur juga bisa menjadi alasan mengapa kamu menemukan pekerjaan. Perusahaan akan menganalisa mengapa kamu tidak bekerja untuk alasan yang lama. Mereka juga akan mempertanyakan kemampuanmu untuk dapat bekerja kembali. Karena jangan sampai terlalu lama menganggur membuatmu kehilangan kemampuan.

3. Ketahuan bohong

Menulis hal yang baik di CV memang akan membuatmu mudah diterima kerja, tapi kalau hal yang kamu tuliskan itu adalah hal yang palsu, maka itu adalah boomerang bagi dirimu sendiri. Maka dari itu, jangan pernah menuliskan informasi yang tidak benar dalam CVmu.

4. Seperti kutu loncat

Perusahaan akan tentu saja akan melihat pengalamanmu bekerja. Jika dalam satu tahun kamu sudah dua sampai tiga kali berganti pekerjaan, maka kamu seperti kutu loncat. Hal itu adalah sesuatu yang tidak disukai oleh perusahaan. Mereka cenderung mencari orang yang setia pada pekerjaan. Maka dari itu, usahakan untuk bekerja setidaknya satu tahun di suatu perusahaan.

5. CV tidak sesuai industry

Bagus tidaknya CV harus disesuaikan dengan perusahaan tempatmu melamar. Jika kamu melamar pada perusahaan  BUMN, kamu jangan membuat CV yang terlalu modern atau artistic. Sebaliknya jika kamu melamar pada startup atau industri kreatif kamu jangan membuat CV yang terlalu kaku.

Apakah, salah satu dari 5 kesalahan itu ada dalam CVmu? (BV)

image source : www.careerealism.com

Baca juga : 5 Hal yang Harus Kamu Periksa Lagi Dari CVmu

Related Posts