in Tips Dunia Kerja

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik

JobSmart Indonesia

Ketika keputusanmu sudah bulat untuk meninggalkan perusahaan tempatmu bekerja, salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat surat pengunduran diri. Sudahkah kamu tahu cara membuat surat pengunduran diri yang baik? Kalau belum, ini hal-hal yang perlu kamu lakukan :

1. Tuliskan identitas dan tanggal kamu resmi berhenti

Berikan informasi jabatanmu dan tanggal berapa kamu berhenti dari perusahaan itu. Karena hal itulah yang penting dari surat pengunduran diri.

2. Berikan ucapan terimakasih

Jangan lupa untuk ucapkan terimakasih kepada perusahaan tempatmu bekerja. Karena bagaimana pun juga ada hal yang telah kamu dapatkan dari sana.

3. Tidak perlu mencantumkan alasan

Sebaiknya kamu tidak perlu memberitahukan alasanmu didalam surat, karena akan lebih baik jika alasan itu dibicarkan langsung dengan atasan atau HRD.

4. Mintalah surat referensi

Demi kepentinganmu sendiri, mintalah surat referensi. Hal itu akan berguna untukmu mencari kerja ditempat lain.

5. Surat yang singkat, padat dan jelas

Buatlah surat itu dengan singkat, padat dan jelas. Kamu tidak perlu banyak menuliskan hal yang bersifat basa-basi. Tuliskanlah intinya dengan jelas dan rinci.

6. Jangan menjelekan perusahaan

Walaupun mungkin alasanmu keluar dari perusahaan itu adalah karena kejelekan perusahaan, kamu tidak perlu mengutarakannya. Surat pengunduran diri haruslah sopan.

7. Jangan menambahkan komentar pribadi

Jika kamu ingin memberikan komentar atau saran bagi perusahaan, sebaiknya tidak dicantumkan dalam surat. Akan lebih baik hal itu disampaikan secara pribadi dan juga dengan berbicara langsung.

Tulislah surat pengunduran diri dengan baik dan sopan. Berikanlah kesan yang baik diakhir masa kerjamu ditempat itu. (BV)

image source : www.mainstreet.com

Baca juga : Cara Keluar Dari Pekerjaan Dengan Meninggalkan Kesan Yang Baik

 

Related Posts