in Tips Dunia Kerja

Dear JobSeeker, Ini Pertanyaan Yang Bisa Kamu Tanyakan Saat Interview Kerja

JobSmart Indonesia

Saat sedang wawancara kerja, kamu diberikan kesempatan untuk bertanya juga kepada sang pewawancara. Kalau kamu bingung mau bertanya apa, berikut pertanyaan yang bisa kamu ajukan saat sedang wawancara kerja :

1. Berapa lama anda bekerja disini ?

Tujuan kamu bertanya seperti itu adalah untuk mengetahui turn over dari pegawai diperusahaan itu. Jika banyak orang yang sering keluar-masuk maka bukan tidak mungkin ada sesuatu yang tidak baik perusahaan itu.

2. Hal apa yang anda sukai dari perusahaan ini?

Menanyakan hal ini sama halnya dengan bertanya apa yang perusahaan lakukan untuk mempertahankan karyawannya. Jika rekruter menjawab tidak ada yang dia sukai dari perusahaan ini, berarti itu sudah pertanda buruk.

3. Apa yang terjadi dengan orang yang dulu di posisi ini?

Kamu perlu mengetahui apa yang terjadi pada orang sebelumnya yang mengisi posisi yang ditawarkan padamu. Apakah dia mengundurkan diri karena sesuatu ataukah dia diberhentikan. Dengan begitu kamu bisa memiliki pandangan tentang pekerjaanmu nantinya.

4. Bagaimana cara bekerja atasanmu?

Jika yang mewawancaraimu adalah hrd, maka kamu bisa menanyakan hal ini, tapi kalau atasanmu langsung yang mewawancaraimu maka kamu sudah bisa menilai sendiri. Bertanya tentang hal ini akan penting bagimu nanti ketika sudah bekerja disana. Setidaknya kamu sudah bisa mempersiapkan diri.

5. Apa yang ingin perusahaan capai pada tahun ini?

Mengetahui tujuan perusahaan akan membantumu untuk menyesuaikan diri nantinya. Kamu akan susah untuk mengikuti ritme kerja dari perusahaan. Bahkan jika kamu rasa tujuannya tidak sama denganmu, kamu bisa mengambil keputusan yang terbaik untukmu.

Jangan ragu untuk bertanya kepada rekruter, supaya kamu juga bisa mengambil keputusan yang tepat untukmu. (BV)

image source : blog.aiec.br

Baca juga : Sebelum Melakukan Interview, Tanyakan Hal Ini Pada Dirimu

Related Posts