in Tips Dunia Kerja

5 Cara Memberikan Kritik Yang Membangun

JobSmart Indonesia

Dikritik orang memang gak enak, tapi bukan berarti memberikan kritik itu lebih enak. Nyatanya, untuk memberikan kritik yang bisa membangun orang lain itu justru lebih sulit daripada menerima kritik. Karena kalau salah sedikit saja, kritik yang diberikan justru bisa menghancurkan pribadi yang dikritik. Untuk itu berikut  5 cara memberikan kritik yang membangun :

1. Mengkritik bukan berarti marah

Kritik tidak harus diberikan dalam keadaan emosi. Saat yang tepat untuk memberikan kritik adalah ketika kamu dan orang yang dikritik sama-sama memiliki mood yang baik. Karena tujuan dari kritik bukanlah untuk memarahi orang, tapi untuk membangunnya menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Jauhkan urusan pribadi

Hindari untuk mengkritik kehidupan pribadi seseorang di kantor. Karena memang itu sangat tidak tepat. Walaupun mungkin kehidupan pribadinya itu berpengaruh dengan pekerjaannya, namun kamu harus bisa memberikan kritik secara profesional.

3. Pikir dua kali sebelum mengkritik

Jika kamu merasa sudah tidak ada cara lain untuk menegur orang itu dengan kritik, maka lakukanlah. Tapi, pikirkan lagi apakah ada cara lain untuk menyampaikannya, atau pikirkan apa kemungkinan apa yang akan terjadi jika kamu mengkritiknya.

4. Berikan pengertian

Memberikan kritik tanpa alasan yang jelas akan membuat orang yang dikritik sakit hati. Maka dari itu, berikanlah alasan mengapa kamu sampai memberinya kritik. Selain itu, berikan juga solusi untuk mengatasinya. Ada baiknya jika solusinya disebutkan diawal dari kritik yang disampaikan.

5. Jangan mengkritik didepan banyak orang

Lihatlah lingkungan sebelum kamu mengkritik seseorang, ada baiknya jika kamu mengkritiknya tidak didepan banyak orang. Karena hal itu sama saja kamu sedang mempermalukannya. Carilah waktu dan tempat yang sesuai untukmu menyampaikan kritikmu.

Janganlah memberikan kritik yang menjatuhkan orang lain, sebaliknya berikanlah kritik untuk membangun orang lain. (BV)

image source : imgflip.com

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Kritik di Kantor

Related Posts