in Tips Dunia Kerja

Panduan Memanfaatkan LinkedIn Untuk Fresh Graduates

JobSmart Indonesia

Bagi para fresh graduate yang siap memasuki dunia kerja, sudah kenalkah kalian dengan LinkedIn? Situs jejaring sosial yang merupakan tempatnya para profesional berkumpul. Jika kamu baru saja lulus dan bersiap memasuki dunia kerja, berikut cara memanfaatkan Linkedin dengan maksimal :

1. Lengkapi profilmu

Setelah buat akun, jangan lupa untuk melengkapi profilmu. Karena kamu baru lulus, tidak semua bisa kamu isi. Tapi kamu bisa menuliskan pengalaman organisasi apa saja yang bisa kamu lakukan selama kuliah dulu.

2. Cari koneksi

Kamu bisa menambahkan koneksimu, caranya carilah koneksi yang bekerja di bidang yang ingin kamu masuki. Misalnya kamu adalah lulusan jurnalistik yang ingin berkarir di media, maka dari itu kamu bisa mencari koneksi orang-orang media seperti penulis, editor, produser dll.

3. Cari pekerjaan

Mencari pekerjaan juga bisa dilakukan lewat LinkedIn. Kamu bisa ketik pekerjaan yang kamu ingin di kolom search, lalu apply deh. Profil LinkedIn kamu juga berperan sebagai CV, jadi rekruter akan menscreening kamu melalui profilmu. Tapi kamu juga bisa menguplaod CVmu yang sebenarnya sebagai tambahan.

4. Cari tahu tentang perusahaan

Selain koneksi dan pekerjaan, kamu juga bisa mencari informasi tentang perusahaan yang kamu idamkan. Misalnya kamu ingin masuk pada perusahaan multinasional, kamu bisa lihat di LinkedIn dan menjalin koneksi dengan orang-orang yang bekerja disana.

5. Media untuk personal branding

LinkedIn itu ibarat tempat untukmu memoles dirimu secara profesional. Kamu bisa melakukan pencitraan untuk dirimu sendiri. kamu bisa tuliskan prestasi dan pengalamanmu, sehingga koneksimu bisa melihat kehebatanmu. Hal itu pastinya akan mendatangkan hal yang positif untukmu.

Jangan sia-siakan kemudahan yang diberikan oleh teknologi hanya karena tidak mau mencoba untuk memanfaatkannya. (BV)

image source : www.theguardian.com

Baca juga : Bagaimana Menggunakan Linkedin Untuk Berjejaring

Related Posts