in Tips Dunia Kerja

7 Cara Menghabiskan Gajimu Agar Tidak Menyesal

JobSmart Indonesia

Begitu gajian rasanya pengen beli apa aja, tapi abis kebeli, eh langsung nyesel. Kamu suka merasa kaya gitu? Tenang karena banyak juga kok yang masih kurang bisa menggunakan gajinya dengan baik. Untuk itu, berikut cara menghabiskan gajimu yang dijamin kamu gak akan nyesel nantinya.

1. Gunakan untuk kemuliaan Tuhan

Ungkapkan rasa syukurmu atas berkat yang kamu dapatkan dengan memberi. Semua agama tentu mengajarkan kita untuk memberi, baik itu untuk Tuhan dan juga untuk sesama. Maka dari itu, keluarkan sejumlah uang gajimu misalnya untuk pembangunan rumah ibadah.

2. Bahagiakan orang tua

Semua orangtua pasti memberikan yang terbaik untuk anaknya. Jadi, ini saatnya kamu untuk memberikan yang terbaik untuk kedua orangtuamu. Kamu bisa membelikannya barang-barang yang disukainya atau sekedar mengajaknya makan diluar. Intinya lakukan yang bisa membuat orangtuamu bahagia dengan uangmu.

3. Senangkan teman-temanmu

Kamu tentu senang kan jika berada didekat teman-temanmu? Jadi gak ada salahnya jika kamu membuat mereka senang dengan uangmu. Kamu bisa memberikan mereka hadiah kecil atau traktir makan siang juga bisa membuat mereka senang.

4. Berbagi dengan sesama

Kita tidak hidup sendirian didunia ini. Jika kamu sudah bisa membahagiakan orang-orang yang ada disekilingmu, jangan lupa untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan. Karena masih banyak orang yang hidupnya tidak seberuntung kamu. Jadi berikanlah apa yang bisa kamu berikan.

5. Perhatikan tubuhmu

Belilah makanan-makanan yang bergizi untuk tubuhmu. Karena tubuhmu sudah bekerja keras, tentu kamu harus memperhatikannya juga. Jangan hanya berikan makanan yang enak untuk lidahmu, tapi yang bagus untuk seluruh organ tubuhmu.

6. Buat dirimu senang

Lakukan apa saja yang membuatmu senang, jika kamu suka berlibur, gunakan uangmu untuk pergi berlibur. Jika kamu senang berbelanja, maka berbelanjalah dengan bijak. Intinya lakukan apa saja yang membuat hatimu senang, namun tetap dengan bijaksana.

7. Simpan uangmu

Berapapun pengeluaranmu, kamu harus mampu menyisihkan uang untuk ditabung. Sebaiknya kamu sudah menyisihkan sebagian uangmu dari awal. Hal ini supaya kamu gak hilang kendali saat menghabiskan gajimu.

Memberi akan lebih menyenangkan daripada menerima dan pastinya kamu gak akan nyesel. Kalau gak percaya, coba deh lakukan. (BV)

image source : www.lagostoday.org

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Selama Sebulan

Related Posts