in Tips Dunia Kerja

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Di-bully

JobSmart Indonesia

Menjadi orang yang dibully tentu tidak enak, itu bisa saja mengubah beberapa sifatmu yang positif menjadi negatif. Jika kamu sudah menyadari tanda-tanda kalau kamu sedang dibully, ini hal yang bisa kamu lakukan.

1. Cari tahu aturan perusahaan tentang bullying

Kamu bisa melihat kembali ke peraturan perusahaan, apakah disitu ada peraturan terhadap tindakan bully atau tidak. Jika ada, kamu bisa melaporkannya kepada atasanmu atau hrd manager.

2. Bicara langsung kepada pembully-mu

Jangan takut untuk berbicara langsung pada orang yang membullymu kalau kamu tidak suka diperlakukan seperti itu.

3. Meminta bantuan pada hrd

Kalau kamu belum memiliki keberanian yang cukup untuk berbicara dengan orang yang membullymu, kamu bisa meminta bantuan kepada hrd untuk memfasilitasmu berbicara dengannya.

4. Mempertahankan diri bukan melawan

Jangan biarkan dirimu dihina oleh orang lain bukan berarti kamu balik menghina orang itu lagi. Tunjukan kalau kamu adalah orang yang kuat dan juga buktikan kalau kamu lebih hebat darinya. Itulah bagaimana caranya mempertahankan diri.

5. Melaporkan kepada yang berwenang

Jika tindakan bully-nya sudah melewati batas hingga membuatmu terluka atau kehilangan sesuatu yang besar, jangan ragu untuk melaporkannya kepada pihak yang berwenang. Supaya hal yang buruk itu tidak terjadi lagi kepadamu dan orang lain juga.

Biasanya para pembully tidak sadar kalau mereka senang melukai orang lain. Karena itu bantulah mereka untuk sadar dan lepaskan dirimu dari bahan bully-an mereka.

image source :www.salon.com

Baca juga : Tanda-Tanda Kamu Sedang di Bully di Kantor

Related Posts