in Tips Dunia Kerja

Dear Fresh Grad, Ini Cara Menegosiasikan Gaji

JobSmart Indonesia

Setelah lolos psikotest biasanya tahapan selanjutnya adalah menegosiasikan gaji dengan calon perusahaan tempatmu bekerja. bagi freshgrad, ini hal-hal yang sebaiknya kamu lakukan saat menegosiasikan gaji :

1. Terima kasih, apakah anda menawarkan pekerjaannya untuk saya?

Tunjukan sikap profesional mu dengan menanyakan apakah kamu sudah ditawarkan pekerjaan atau belum, dan mengucapkan terima kasih sebelumnya, bukan hal yang sulit kan?

2. Apakah ini adalah gaji pokoknya?

Dengan bertanya seperti itu kamu menunjukan bahwa kamu tertarik untuk mengetahui adanya kompensasi atau bonus yang diberikan oleh perusahaan.

3. Kapan anda butuh jawabannya?

Sebaiknya jangan langsung memberikan jawaban atau keputusan tentang gaji saat itu juga. sebaiknya bilang kamu akan mempertimbangkannya lagi dirumah.

4. Apakah semuanya tertulis dalam kontrak?

Penting untuk mengetahui semuanya jelas tertulis dalam kontrak, jangan percaya hanya pada perkataan verbal. Jika perusahaan bersungguh-sungguh pastinya akan tertulis dalam kontrak kerjamu nanti.

5. Kapan saya bisa mulai bekerja?

Ada baiknya kamu bertanya kapan bisa mulai bekerja, karena ini menunjukan kamu sudah siap untuk bekerja di perusahaan itu.

6. Bagaimana saya akan dievaluasi? Apakah akan ada kenaikan berdasarkan hasil evaluasi tersebut?

Kemungkinan adanya kenaikan gaji tentu ada jika perusahaan sudah melihat hasil pekerjaanmu. Maka dari itu tanyakan jika perusahaanmu melakukan hal itu juga.

7. Apa yang menjadi jobdesk saya?

Jangan lupa untuk tanyakan apa yang akan kamu kerjakan. Dengan begitu kamu sudah memiliki bayangan tentang pekerjaanmu nanti.

Semoga berhasil.

Baca juga : Fresh Graduate Yang Belum Ada Pengalaman? Ini Tips Interview Khusus Untukmu

Related Posts