in Tips Dunia Kerja

Fresh Graduate Yang Belum Ada Pengalaman? Ini Tips Interview Khusus Untukmu

JobSmart Indonesia

Besok ada interview, tapi gak tahu harus mempersiapkan apa saja. Tenang, berikut tips interview untukmu yang baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman kerja :

1. Tunjukan kemampuanmu sesuai dengan posisi yang kamu apply.

Menunjukan kelebihanmu adalah hal yang baik. Tapi akan lebih baik jika kamu menunjukan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan. Tentu saja rekruter akan lebih tertarik mendengarkannya, karena berkaitan dengan posisi yang kamu apply.

2. Walaupun sainganmu berat, tetaplah percaya diri.

Percaya diri itu penting, apalagi pada saat melamar pekerjaan. Mungkin sainganmu untuk mendapatkan pekerjaan ada yang lebih berpengalaman, tapi bukan mustahil kamu yang mendapatkan pekerjaan itu. Jadilah dirimu sendiri dan jangan minder.

3. Kenali perusahaan tempatmu melamar.

Mengetahui perusahaan tempatmu melamar kerja adalah hal yang penting, karena mana ada perusahaan yang mau menghire seseorang yang gak kenal sama perusahaan itu. Apalagi cara untuk mendapatkan informasi tentang perusahaan itu perkara mudah karena adanya internet.

4. Tunjukan pesonamu.

Karena kamu belum memiliki pengalaman yang bisa kamu tonjolkan, tunjukanlah kepribadianmu yang baik. Jujur dan mau berusaha adalah dua sifat yang diinginkan oleh setiap rekruter. Jangan menjadi yang terbaik,tapi jadilah dirimu sendiri yang baik.

5. Jangan panik, jadilah dirimu sendiri dan nikmati interviewnya.

Mungkin ini akan menjadi pengalaman pertamamu. Jangan panik dan jangan terlalu memiliki ekspektasi yang tinggi. Sebaliknya nikmati dan ambilah pelajaran dari keberhasilanmu yang masih tertunda.

Lakukanlah semuanya dengan persiapan yang cukup dan juga nikmati prosesnya. Semoga berhasil!

Baca juga : 7 Hal Yang Harus Dipersersiapkan Fresh Graduate Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Related Posts