in Tips Dunia Kerja

Bagaimana Mengatur Emosi di Kantor

JobSmart Indonesia

Emosi yang sedang tidak stabil membuatmu tidak bersemangat untuk bekerja. Bahkan hal kecil saja membuatmu muak berada dikantor? Jika itu terjadi padamu, segera lakukan hal dibawah ini agar tidak emosimu tidak membuatmu susah nantinya.

1. Kontrol dirimu supaya gak baper.

Baper atau terlalu membawa perasaan pada urusan kantor adalah hal yang salah. Jika kamu dimarahi oleh bosmu karena pekerjaan jangan pikir kalau bosmu benci padamu dan selalu saja mencari kesalahamu. Berusahalah untuk tetep profesional jangan melihat sesuatu secara personal.

2. Ambil nafas yang dalam.

Bernafas adalah sesuatu yang pasti kamu lakukan, tapi lakukan itu ketika kamu sedang emosi. Ambil nafas yang dalam lalu hembuskan, dan lakukan sampai kamu merasa bisa mengontrol dirimu dengan baik.

3. Jangan mengambil keputusan.

Setiap keputusan yang diambil saat emosi bukanlah hal yang tepat. Karena tentu saja keputusan itu diambil tanpa peduli akan resiko yang akan terjadinya. Baiknya tenangkan dirimu dan jangan langsung memutuskan sesuatu.

4. Mengalah bukan berarti kalah.

Mengalah adalah hal yang dapat menunjukan kedewasaanmu. Ketika kamu merasa ada masalah dengan rekan kerja atau atasanmu jangan biarkan hal itu membuatmu tetap ngotot dan terus emosi. Mengalah bukan berarti mengaku kalah namun kamu tidak mau berlarut-larut dalam masalah. Toh jika kamu tidak bersalah, kamu tidak perlu membela dirimu sendiri, karena kebenaran tidak akan mengecewakanmu.

Ingatlah untuk selalu melakukan hal ini ketika dirimu sedang emosi di kantor. Jangan mau dikalahkan dengan emosi diri sendiri ya.

Baca juga : 9 Tips Mengembalikan Mood Ketika Bermasalah di Kantor

Related Posts