in Tips Magang

Ini Sebab Mahasiswa Melakukan Magang Fiktif

JobSmart Indonesia
Program magang yang dituntut oleh Universitas memang harus dijalankan oleh mahasiswa, tapi memang tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan tentang kebijakan kampus. Tapi masih banyak mahasiswa yang melakukan kerja magang fiktif atau sering disebut “kerja magang bohong ” dan tidak benar-benar melakukan kerja magang di perusahaan. Berikut yang membuat mahasiswa tidak melakukan kerja magangnya dan melakukan magang fiktif :

1. CV Yang Tidak Profesional.

Masih banyak mahasiswa yang belum maksimal atau belum professional dalam membuat CV. Kebanyakan mahasiswa membuat CV untuk mengirim ke suatu perusahaan yang dituju masih sembarangan atau kamu sering sebut asal-asalan. Padahal yang pertama dilihat oleh rekruter menerima karyawan magang adalah CV mereka, berapa seriuskah mereka ingin bekerja diperusahaan yang ingin dilamar.

2. Tidak Tahu Cara Melamar Magang.

Masih banyak mahasiswa yang tidak tahu cara melakukan lamaran magang mereka ke perusahaan yang dituju, memang tidak semua perusahaan yang tidak menginformasikan secara meluas. Karena itu, kamu harus tanya dengan teman-teman atau senior yang sudah melakukan program magangnya agar lebih tahu bagaimana seharusnya melamar magang diperusahaan.

3. Tidak Tahu Informasi Perusahaan.

Saat kamu sedang mencari perusahan untuk kamu melakukan program magang, kamu harus mencari tahu dahulu perusahaan mana yang sedang mencari lowongan magang. Kamu bisa mencarinya lewat sosmed, situs pencari kerja ataupun senior-senior.

4. Tidak Ada Persiapan.

Kamu harus memperisapkan semuanya saat kamu sedang dipanggil untuk wawancara magang seperti mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, baik itu CV,Cover letter hingga mental kamu.

5. Tidak Percaya Diri.

Dijaman sekarang memang semua serba berkompetisi, termasuk dengan melakukan program magang, kamu harus percaya diri kalau kamu bisa melakukan yang terbaik untuk Universitas kamu dan juga perusahaan tempatmu berada. Dan jangan berpikiran mahasiswa Universitas lain lebih hebat darimu, karena belum tentu begitu.

6. Terlalu Pilih-Pilih Perusahaan.

Masih banyak mahasiswa yang masih pilih-pilih perusahaan hanya karena faktor jarak, besar kecilnya perusahaan, seberapa terkenalnya perusahaan atau upah yang didapat. Padahal yang kita harus pikirkan adalah pengalaman dan ilmu yang akan didapat disana.

Program magang penting banget loh, agar kamu mendapat pengalaman bekerja dan ilmu-ilmu yang bisa diambil di perusahaan tempat kamu menjalankan magang, jadi pelajari hal-hal berikut agar kamu tidak berfikir akan melakukan magang fiktif.

Baca juga : 9 Pertanyaan Yang Sering Di Tanyakan Rekruter Pada Anak Magang

Related Posts