in Tips Dunia Kerja

Manfaatkan Jaringan Dengan Alumni dengan 5 Cara Mudah

JobSmart Indonesia

Salah satu cara untuk hidup berjejaring dengan orang lain adalah dengan memanfaatkan nama baik universitas. Ya, memiliki jaringan dengan alumni adalah hal yang baik dan pastinya menguntungkan untukmu. Jika sampai saat ini kamu masih belum memiliki jaringan yang baik, ikuti 5 cara ini ya :

1. Temukan alumni yang tepat.

Kamu harus tau mana alumni yang tepat untuk karirmu. Misalnya kamu adalah seorang pengacara, akan lebih baik jika kamu mengenal alumni yang berprofesi sebagai pengara juga dibandingkan dengan alumni yang berprofesi lain.

2. Tanyakan informasi padanya.

Bertanyalah kepada orang yang lebih dulu terjun di dunia pekerjaan. Jika teman alumnimu salah satunya, maka bertanyalah padanya tentang informasi yang kamu butuhkan untuk dapat bertahan didunia kerja.

3. Buat jembatannya.

Anggaplah hubunganmu dengan alumni adalah jembatan yang akan menyebrangkanmu menuju karirmu. Maka dari itu, bangunlah jembatan itu dengan kokoh. Milsanya, kamu melakukan kegiatan bersamanya.

4. Minta bantuannya untuk bisa bertemu dengan manajer HRD.

jika hubungan kalian sudah cukup dekat, tidak ada salahnya untuk meminta bantuannya mengenalkanmu pada manajer HRDnya. Dengan begitu kesempatanmu akan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

5. Tawarkan bantuan.

Menjalin hubungan akan lebih bertahan lama jika bisa saling memanfaatkan. Tawarkanlah sesuatu yang bisa kamu lakukan untuk membantunya. Dengan begitu, alumnimu tidak akan terlalu merasa dimanfaatkan tapi saling membantu.

 

Baca juga : 5 Cara Memanfaatkan LinkedIn dengan Baik

Related Posts