in Tips Dunia Kerja

Jangan Penjarakan Ide Kreatifmu

JobSmart Indonesia

Ide kreatif memang terkadang kita sulit mendapatkannya, tapi suka datang tiba-tiba tanpa kita pikirkan sebelumnya. Tapi sebagian orang yang sudah mendapat ide-ide kreatifnya malah justru sulit untuk mengutarakan atau mempublis ide-ide kreatifnya ke rekan-rekan kantor dan atasan mereka. Berikut yang membuat kamu mempenjarakan ide kreatif kamu.

1. Berpikiran “Takut Resikonya”

Kamu pasti akan berpikir beribu kali kalau sudah mendapat ide-idenya, karena kamu akan berfikir “Apa resikonya kalo terjadi seperti ini?..” jadi buanglah jauh arti kata “takut” itu, kamu harus menerima dan bertindak juga apa resiko ide-ide tersebut. Karena semua tindakan juga ada resikonya.

2. Berpikiran “Bagaimana Kalau”

Jangan ragu-ragu kalau kamu ingin menyampaikan sebuah ide kreatif, sampaikan lah dulu ide kreatif kamu, rekan kantor pasti akan menerima ide kamu kok walau harus di diskusikan terlebih dahulu.

3. Tidak akrab dengan rekan-rekan

Walau kamu belum akrab dengan rekan-rekan sampaikanlah ide kreatif kamu tapi dengan pembukaan pembicaraan sedikit basa-basi atau “sopan”. Sperti “maaf sebelumnya saya boleh menyampaikan masukan?” dengan itu pastinya rekan kantor kamu mempersilakan kamu untuk menyampaikan masukan ide.

4. Malu dengan ide sendiri

Jangan malu buat menyampaikan saran atau ide kamu sendiri, kamu harus yakin dengan ide yang akan kamu sampaikan ke rekan-rekan kantor atau atasan mu. Jelaskan dengan jelas dan meyakinkan mereka bahwa ide tersebut kamu telah pikirkan mata-matang.

Jadi kata kuncinya adalah kamu harus “PD” percaya diri, percaya dirilah saat menyampaikan sebuah ide, jangan penjarakan ide kreatif kamu sayang juga kan ide yang susah susah didapat tidak di publis ke rekan-rekan kantor atau atasan kamu.

Baca juga : Mau Sukses? Upgrade Dirimu Dengan 5 Kemampuan Ini

Related Posts