in Tips Dunia Kerja

7 Tips Dunia Kerja Bagi Fresh Graduate

JobSmart Indonesia

Bagi para fresh graduate, mencari pekerjaan bukan perkara mudah. Ditambah lagi mereka akan memasuki dunia baru yaitu dunia kerja. Berikut tips yang dilansir dari forbes.com :

1. Selalu tunjukan rasa terima kasih

Apapun hasil yang kamu dapatkan dari usahamu mencari pekerjaan, kamu harus dapat menunjukan rasa terima kasih. Jangan sampai kamu hanya berterima kasih ketika mendapatkan pekerjaan saja.

2. Pertahankan reputasi pribadimu

Berusahalah untuk tetap berhubungan baik dengan semua orang. Bahkan jangan sampai kamu memutuskan hubungan dengan orang yang mungkin bisa membantumu dikemudian hari.

3. Cari lingkungan yang bisa mendukungmu

Dengan siapa kamu bekerja akan sangat mempengaruhi karirmu. Untuk itu temukanlah lingkungan yang dapat memberikan sesuatu yang positif dan dapat menyemangatimu dalam bekerja.

4. Percaya terhadap kemampuanmu sendiri

Jangan merasa dirimu rendah dan tidak berdaya. Untuk dapat bekerja, kamu harus yakin dengan kemampuan yang kamu miliki dan berusaha untuk dapat mengerjakannya.

5. Ingatlah bawa wawancara kerja adalah komunikasi dua arah

Pada saat wawancara kerja, jangan merasa bahwa kamulah yang membutuhkan perusahaan, tetapi buatlah bahwa perusahaan juga membutuhkanmu. Karena memang begitulah yang sebenarnya terjadi.

6. Jangan bergantung kepada orang lain

Di dunia pekerjaan bukan tidak mungkin kamu bisa bertahan karena bantuan orang lain, namun jangan sampai kamu menggantungkan harapanmu dan hidupmu pada orang itu.

7. Jangan pernah menyesali kesalahan

Sebagai manusia berbuat kesalahan itu wajar, tapi jangan pernah menyesali kesalahan yang kamu buat. Karena memang hal itu sudah ditakdirkan untuk terjadi agar kamu bisa belajar dari kesalahan tersebut.

Dunia pekerjaan adalah dunia yang berbeda dari dunia kuliah. Persiapkan dirimu dengan baik dan jangan menyerah!

Baca juga : 4 Cara Menemukan Pekerjaan Impianmu

Related Posts